Stres di Usia Muda Ternyata Bisa Membuat Seseorang Lebih Panjang Umur, Ini Alasannya

- 15 Juni 2021, 15:58 WIB
Stres di Usia Muda Ternyata Bisa Membuat Seseorang Lebih Panjang Umur
Stres di Usia Muda Ternyata Bisa Membuat Seseorang Lebih Panjang Umur /Nathan Cowley/pexels

KABAR BESUKI -  Saat merasa stress seseorang terkadang jadi mudah lelah dan marah. Stres juga membuat seseorang sering berubah mood atau suasana hati yang seringkali bisa mengganggu aktivitas.

Seringkali saat merasa stress, banyak orang yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersenang-senang agar stress bisa hilang dan suasana hati kembali membaik.

Hal ini lantaran perasaan stres membuat seseorang seringkali kesulitan untuk berkonsentrasi dan melakukan aktivitas atau pekerjaan dengan baik.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Telur Setiap Hari Tenyata Bisa Buat Otak Lebih Pintar, Wajib Dicoba

Namun, sering merasa stress ternyata memiliki dampak positif lho. Sebuah penelitian bahkan mengungkap bahwa sering merasa stres di usia muda ternyata bisa membuat seseorang lebih panjang umur.

Seperti dilansir Kabar Besuki  dari science Daily, sebuah penelitian di Universitas Michigan mengungkap bahwa stress di usia muda ternyata mengarah pada kehidupan yang lebih panjang.

Para peneliti menemukan fakta bahwa stress oksidatif yang dialami saat awal kehidupan dapat meningkatkan resistensi stress dikemudian hari.

Baca Juga: Orang yang Sering Terkena Flu Ternyata Bisa Jadi Pertanda Kesepian, Ini Alasannya

Stres oksidatif terjadi ketika sel-sel menghasilkan lebih banyak oksidan dan radikal bebasa daripada yang dapat mereka hadapi. Hal ini adalah bagian dari proses penuaan.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: Science Daily


Tags

Terkini

x