Olimpiade Tokyo Semakin Dekat, Akan Tetapi Jepang Masih Berusaha Menghentikan Darurat Covid-19

- 17 Juni 2021, 12:59 WIB
Ilustrasi daerah di Tokyo, Jepang
Ilustrasi daerah di Tokyo, Jepang /Agathe Marty/Unsplash

KABAR BESUKI - Pemerintah Jepang merekomendasikan untuk mengakhiri keadaan darurat untuk Tokyo, Osaka dan daerah lain pada 20 Juni sesuai rencana, karena infeksi telah turun sekitar sebulan sebelum negara itu akan menjadi tuan rumah Olimpiade.

Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura, yang juga bertanggung jawab atas kebijakan Covid-19, mengatakan pada Kamis, 17 Juni 2021 bahwa pemerintah berusaha untuk mengizinkan tindakan pembatasan itu berakhir, sekitar dua bulan setelah diberlakukan di ibu kota.

Keputusan resmi akan dibuat oleh Perdana Menteri Yoshihide Suga, yang akan mengadakan konferensi pers Kamis malam untuk membahas masalah tersebut.

Baca Juga: Pengobatan Alzheimer Baru yang Kontroversial Telah Diberikan Kepada Pria Lanjut Usia, Merupakan Pasien Pertama

Olimpiade, yang tertunda satu tahun karena virus corona, tampaknya akan dimulai pada 23 Juli, meskipun survei menunjukkan sejumlah besar publik Jepang ingin membatalkan atau menunda tontonan olahraga global karena khawatir itu bisa menjadi superspreader.

Penyelenggara Olimpiade akan membuat keputusan akhir bulan ini tentang apakah akan mengizinkan penonton. Pemerintah mendukung batasan 10.000 orang pada acara publik, yang dapat diterapkan pada Olimpiade, dan Suga mengatakan dia ingin melihat penggemar di tribun untuk pertandingan.

Manajemen virus sangat penting bagi Suga, yang menghadapi pemilihan pimpinan partai pada bulan September dan harus mengadakan pemilihan umum pada akhir Oktober.

Baca Juga: Awkarin Ditodong Netizen Minta di bayarin Utang Sebesar Rp1 Miliar, Begini Jawabannya

Sementara tidak ada partai oposisi yang memiliki cukup dukungan untuk menggulingkan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, setiap masalah kesehatan masyarakat yang terkait dengan Olimpiade dapat mendorong LDP untuk menggantikan Suga sebagai perdana menteri.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Strait Times


Tags

Terkini

x