Seperti Apa Masa Depan Kita di Dunia Pasca-Pandemi COVID-19, Simak Ulasan Berikut Ini

- 20 Juni 2021, 21:24 WIB
Ilustrasi dunia sedang dalam pandemi/Fernandozhiminaicela/Pixabay
Ilustrasi dunia sedang dalam pandemi/Fernandozhiminaicela/Pixabay /

KABAR BESUKI - Meskipun pandemi COVID-19 mulai memudar di Amerika Serikat, kecil kemungkinan virus corona baru akan hilang, setidaknya dalam waktu dekat.

Ketika tingkat kasus turun dan lebih banyak orang divaksinasi, COVID-19 kemungkinan akan beralih dari pandemi penyebaran penyakit baru di seluruh dunia ke fase endemik, di mana virus selalu ada dalam populasi dalam beberapa bentuk, meskipun di bawah tingkat yang dapat dikendalikan, kata para ahli.

“Kemungkinan itu akan menjadi endemik karena orang membawanya tanpa mengetahui atau menunjukkan gejala, dan beberapa orang memiliki kekebalan yang berkurang yang akan terus membuat mereka rentan bahkan setelah vaksinasi,” kata Gerald Commissiong, CEO Todos Medical, Ltd, seorang Perusahaan skrining dan pengujian COVID-19.

Baca Juga: Terkait Penembakan Pemred Media Online di Sumut, Muhaimin Iskandar Sebut ‘Alarm’ Kebebasan Pers di Indonesia

“Dikombinasikan dengan kemungkinan memudarnya kekebalan dan varian yang muncul, kita harus berharap bahwa COVID-19 adalah virus yang akan bersama kita untuk jangka panjang,” kata Commissiong kepada Healthline.

Bagaimana dengan herd immunity?

Kekebalan kawanan tingkat di mana cukup banyak populasi divaksinasi sehingga penyakit tidak dapat lagi menyebar dan memudar mungkin sulit dipahami untuk COVID-19.

Banyak ahli berpikir Amerika Serikat akan membutuhkan setidaknya 70 persen dari populasi untuk diimunisasi untuk mencapai kekebalan kelompok, meskipun belum pasti tingkat apa yang perlu dicapai.

“Kami tidak benar-benar tahu berapa tingkat kekebalan kelompok yang diperlukan untuk mencegah penyebaran COVID-19,” kata Dr. Susan Kline, MPH, seorang dokter penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Minnesota dan M Health.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Healthline


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x