3 Hal Ini dapat Menyebabkan Covid-19 Setelah Vaksinasi, Simak Ulasannya!

- 30 Juni 2021, 08:07 WIB
Ilustrasi Kasus Covid-19 di Indonesia
Ilustrasi Kasus Covid-19 di Indonesia /fernandozhiminaicela/pixabay/

KABAR BESUKI - Mendapatkan vaksinasi adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari Covid-19, tetapi tidak ada vaksin yang 100 persen efektif.

Dari lebih dari 150 juta orang yang divaksinasi penuh terhadap Covid-19 di AS, lebih dari 4.000 telah mengalami infeksi Covid-19 pasca-vaksinasi yang sangat parah sehingga mereka harus dirawat di rumah sakit atau meninggal, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Tetapi badan tersebut mengatakan infeksi terobosan ini diharapkan, dan persentasenya masih sangat kecil dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi yang terinfeksi. Namun, jika Anda khawatir tentang terobosan infeksi, para ahli mengatakan ada beberapa hal yang dapat membuat Anda lebih mungkin terinfeksi Covid-19 setelah vaksinasi.

Baca Juga: Apa Itu Covid-19 Varian Delta? Ternyata Vaksin Jenis Ini Bagus untuk Mencegahnya

Menurut WebMD, ada tiga hal yang lebih mungkin menyebabkan infeksi terobosan: petugas kesehatan yang tidak sengaja menyimpan atau memberi Anda vaksin secara tidak benar, memiliki sistem kekebalan yang lemah, atau tertular varian Covid-19.

Sebuah laporan yang dirilis 22 April oleh Institute for Safe Medication Practices (ISMP) menganalisis sekitar 160 kesalahan vaksin Covid-19 yang dilaporkan secara sukarela antara 14 Desember dan 15 April, tetapi ISMP mengatakan ini "tidak mencerminkan semua kesalahan vaksin Covid-19 yang mungkin terjadi secara nasional".

Kesalahan yang paling umum termasuk pemberian dosis yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, pemberian vaksin yang salah untuk dosis kedua, menggunakan teknik injeksi atau ukuran jarum yang salah, atau penyimpanan dan penanganan vaksin yang tidak tepat. Jika ada kesalahan administrasi dengan vaksin Anda, CDC mengharuskan petugas kesehatan menghubungi Anda.

Dalam hal memiliki sistem kekebalan yang lemah, banyak penelitian terbaru menunjukkan bahwa ini menyebabkan vaksin menghasilkan lebih sedikit antibodi. Sebuah studi 5 Mei dari Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins menemukan bahwa hanya 17 persen penerima transplantasi organ memiliki antibodi setelah dosis vaksin Covid-19 pertama, dan jumlah itu meningkat menjadi hanya 35 persen setelah dua dosis.

Baca Juga: Cara Penanganan Pertama untuk Anak yang Terjangkit Virus Corona dan Cara Penerapan Pencegahan

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

x