Vaksin Pfizer Tidak Efektif Melawan Varian Delta, Ini Kata Para Ahli

- 10 Juli 2021, 06:07 WIB
Vaksin Pfizer Tidak Efektif Melawan Varian Delta, Ini Kata Peneliti
Vaksin Pfizer Tidak Efektif Melawan Varian Delta, Ini Kata Peneliti /Ilustrasi vaksin Pfizer/

KABAR BESUKI - Seiring berjalannya waktu, para ahli terus mengumpulkan data tentang bagaimana perlindungan yang diberikan oleh vaksin Covid-19 berlangsung dalam waktu yang lebih lama.

Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson semuanya telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa vaksin mereka terus memberikan perlindungan substansial hingga enam bulan, tetapi masih ada pertanyaan tentang apa yang terjadi setelah itu.

Sekarang, Pfizer mengatakan kekebalan mungkin berkurang seiring waktu dalam menghadapi varian Delta yang lebih menular, dan perusahaan mengumumkan akan mencari otorisasi untuk suntikan ketiga vaksinnya pada bulan Agustus.

Baca Juga: Kronologi Video Viral Puluhan Paspamres Datangi Polres Jakarta Barat, Berawal dari Kesalah Pahaman

Dalam pengumuman 8 Juli, Pfizer mengutip sebuah studi dari Kementerian Kesehatan Israel yang menemukan bahwa kemanjuran vaksin "dalam mencegah infeksi dan penyakit simtomatik telah menurun enam bulan setelah vaksinasi".

Sementara itu, vaksin tampaknya tetap efektif untuk mencegah penyakit serius lebih dari enam bulan. Pfizer juga mencatat tantangan tambahan yang ditimbulkan varian Delta sehubungan dengan berkurangnya kekebalan.

Studi pada 5 Juli di Israel menyimpulkan bahwa vaksin Pfizer tidak seefektif melawan varian Delta seperti halnya terhadap strain lain, The Wall Street Journal melaporkan.

Penelitian dilakukan dari awal Juni hingga awal Juli, saat Israel sedang mengalami wabah yang disebabkan oleh varian Delta.

Baca Juga: Pemerintah Telah Lakukan Pembayaran Klaim Rumah Sakit Sebesar Rp17,1 Triliun untuk Kasus Covid-19

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

x