Satgas Covid-19 Ungkap Indonesia Terus Alami Lonjakan Kasus Positif, Satgas: Kita dalam Kondisi Darurat

- 16 Juli 2021, 18:46 WIB
Satgas Covid-19 Ungkap Indonesia Terus Alami Lonjakan Kasus Positif, Satgas: Kita dalam Kondisi Darurat
Satgas Covid-19 Ungkap Indonesia Terus Alami Lonjakan Kasus Positif, Satgas: Kita dalam Kondisi Darurat //@wikuadisasmito/Instagram

KABAR BESUKI - Koordinator Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan kondisi penyebaran virus corona di Indonesia tidak baik mengingat kasus positif masih terus mengalami lonjakan dan berada di atas rata-rata persentase dunia.

"Kondisinya tidak baik, kita tidak sedang baik-baik saja. Kita sedang dalam kondisi darurat, kita sedang mencoba mengendalikan situasi," kata Prof Wiku Adisasmito dalam Sosialisasi Penanganan Covid-19, Jumat 16 Juli 2021.

Ia menjelaskan penambahan kasus positif di Indonesia masih terus naik, hal tersebut terbukti dari data perkembangan kasus harian Covid-19 pada Kamis 16 Juli 2021.

Baca Juga: Kapolres Badung Bagikan Ratusan Paket Sembako Bagi Terdampak Covid-19

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, persentasenya mencapai 17,61 persen, yang berarti lebih tinggi 11,03 persen dari kasus aktif dunia yang mencapai 6,58 persen.

Jika ditarik data di Februari 2021, kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan yang masif, sedangkan banyak negara lain mengalami lonjakan yang mengakibatkan persentasi kasus aktif Indonesia berada di bawah rata-rata dunia.

Namun pascalibur Idul Fitri 2021, angka positif semakin naik, katanya, mengakibatkan persentase kasus aktif Indonesia mulai sama dengan dunia, bahkan per 18 Juni 2021 mulai berada di atas rata-rata dunia.

Baca Juga: Pimpinan DPR RI Setujui Kompleks Parlemen Jadi RS Darurat Covid-19

Faktor lain yang menjadi alasan terjadinya lonjakan kasus positif di Indonesia adalah adanya varian virus Delta yang sangat menular serta ditunjang oleh cuaca yang menglamai perubahan (pancaroba).

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: Antara


Tags

Terkini

x