Faisal Basri Ungkap Kesalahan Utama Pemerintah dalam Menangani Kasus Covid-19: Terlalu Menuhankan Ekonomi

- 17 Juli 2021, 21:22 WIB
Faisal Basri Ungkap Kesalahan Utama Pemerintah dalam Menangani Kasus Covid-19: Terlalu Menuhankan Ekonomi
Faisal Basri Ungkap Kesalahan Utama Pemerintah dalam Menangani Kasus Covid-19: Terlalu Menuhankan Ekonomi /Instagram/@faisalbasri2012/

KABAR BESUK -  Ekonom senior, Faisal Basri mengatakan bahwa kesalahan utama pemerintah dalam upaya menangani pandemic Covid-19 yakni terlalu berfokus pada pemulihan ekonomi.

Menurutnya seharusnya pemerintah lebih menitikberatkan penanganan pandemic Covid-19 pada kesehatan dan nyawa manusia serta bukan mengedepankan ekonomi.

“Nah inilah kesalahan yang sejak awal, yang membuat pandemi ini berlama-lama dan semakin buruk adalah karena menuhankan ekonomi, memberhalakan investasi,” ungkap Faisal Basri seperti dikutip Kabar Besuki dalam kanal Youtube INDEF.

Baca Juga: Pemerintah Tunda Pengumuman Resmi Perpanjangan PPKM Darurat, Luhut: Kami Sedang Melakukan Evaluasi

Faisal Basri juga menyinggung bahwa kesalahan ini berawal dari beberapa orang yang menduduki posisi sebagai komite penanganan pandemic Covid-19.

Menurutnya, beberapa orang yang saat ini ditunjuk oleh Presiden jokowi sebagai ketua komite penanganan Covid-19  merupakan orang-orang yang berasal dari kalangan ekonomi.

Sehingga, hal ini berdampak pada kebijakan yang muncul yang seringkali berdampak buruk pada sektor kesehatan lantaran terlalu mengedepankan pemulihan ekonomi.

“Ketua penanganan pandemic, sekarang Airlangga Hartanto Menteri Ekonomi, sekarang panglimanya Menteri investasi, ketua pelaksanaannya, Menteri BUMN, ekonomi lagi, Ibu Nadia ada dimana? Keleleran, minoritas disana, jadi suara kesehatan tidak terdengar,” jelasnya.

Baca Juga: Malaysia Perpanjang Pembelajaran Secara Daring Hingga Akhir Agustus Sebagai Pembatasan Covid-19

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Youtube INDEF


Tags

Terkini

x