Ikan Unik Transparan di Selandia Baru Terancam Punah Karena Sering Diburu

- 26 Juli 2021, 17:27 WIB
Ikan Unik Transparan di Selandia Baru Terancam Punah Karena Sering Diburu
Ikan Unik Transparan di Selandia Baru Terancam Punah Karena Sering Diburu /@coriosidades.danatureza/Instagram

KABAR BESUKI - Jika main ke laut atau pergi memancing, melihat ikan mungkin merupakan sebuah hal yang biasa, teman-teman. Tetapi, bagaimana jika ikan yang dijumpai tersebut memiliki tubuh transparan?

Ikan Transparan di Selandia Baru
 
Ikan unik itu bernama salpa maggiore dan ditemukan oleh sebuah keluarga yang sedang memancing di Selandia Baru, tepatnya di dekat Semenanjung Karikari.
 
Baca Juga: TNI AL Siapkan KRI Dr Soeharso Sebagai Depo Isi Ulang Oksigen Gratis

Seperti dilansir Kabar Besuki dari Instagram @beritaudunia, keluarga yang menemukan ikan salpa maggiore ini adalah keluarga Steward Faster. 
 
Mereka tengah asyik memancing ketika secara kebetulan menangkap salpa maggiore dan kemudian mengabadikannya.

Sama seperti ikan-ikan lain pada umumnya, salpa maggiore juga memiliki organ tubuh yang lengkap seperti hati dan insang. 
 
Organ tubuh ikan salpa maggiore berbentuk gumpalan berwarna oranye di dalam tubuh transparannya.
 

Ikan salpa maggiore yang memiliki banyak sisik ini sepintas mirip ubur-ubur dan selalu hidup dalam kelompok yang besar. Ikan salpa maggiore dewasa dapat memiliki ukuran tubuh hingga mencapai 25 sentimeter.
 
Meski transparan, salpa maggiore punya organ tubuh yang lengkap. Meski transparan, salpa maggiore punya organ tubuh yang lengkap.
 
Pada umumnya, Salpa Maggiopre transparan, tetapi makhluk ini tetap memiliki insang dan hati. Tubuhnya terbungkus dalam struktur seperti kantung yang memiliki lubang di setiap ujungnya.

Meski unik dan bentuknya berbeda dari ikan kebanyakan, tetapi ikan salpa maggiore ternyata termasuk ke dalam golongan hewan langka. 
 
 
Salah satu sebabnya adalah salpa maggiore sama sekali tidak memiliki pertahanan untuk melawan hewan lain yang memburunya.
 
Makhluk ini juga menggunakan arus listrik untuk berkomunikasi dan membuat gerakannya sinkron saat bersama.
 
Hewan ini sering mengapung di sepanjang permukaan untuk memberi makan dan tidak memiliki cara untuk mempertahankan diri dari pemangsa. Bentuk kamuflase dari Salpa yakni bentuknya yang transparan.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @beritaudunia


Tags

Terkini

x