Virus Corona Lokal Asal Indonesia Masuk Pengawasan WHO, Disebut Berpotensi Timbulkan Bahaya di Masa Depan

- 28 Juli 2021, 10:31 WIB
Virus Corona Lokal Asal Indonesia Masuk Pengawasan WHO, Disebut Berpotensi Timbulkan Bahaya di Masa Depan
Virus Corona Lokal Asal Indonesia Masuk Pengawasan WHO, Disebut Berpotensi Timbulkan Bahaya di Masa Depan /PIRO4D/pixabay

KABAR BESUKI  - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan varian virus baru lokal B.1.466.2 asal Indonesia. Virus baru tersebut bahkan telah masuk daftar varian virus baru yang sedang diawasi oleh WHO.

Varian virus Corona lokal asal Indonesia itu dimasukkan dalam kategoru ‘Alert for Further Monitoring,”  yang sampel pertamanya dilaporkan oleh Indonesia pada bulan November tahun 2020.

WHO menjelaskan bahwa pengawasan dilakukan karena varian virus baru tersebut berpotensi untuk dapat menimbulkan bahaya di masa depan.

Baca Juga: Jokowi Himbau Masyarakat Tidak Makan Ditempat untuk Mencegah Penularan Covid-19

Hal ini dikarenakan, varian virus lokal asal Indonesia ini memiliki karakteristik perubahan genetik yang bisa mempengaruhi karakteristik virus.

“Varian virus SARS-CoV-2 dengan perubahan genetik diduga dapat mempengaruhi karakteristik virus dengan beberapa indikasi yang dapat menimbulkan risiko dimaasa depan,” tulis WHO dalam keterangannya yang dikutip Kabar Besuki dari who.int.

WHO menjelaskan bahwa varian baru ini termasuk dalam kategori virus yang berkembang dengan cepat. Oleh sebab itu, virus lokal asal Indonesia saat ini masih dalam pengawasan WHO.

Meski demikian, WHO juga mengungkap bahwa hingga saat ini belum ada bukti kuat terkait dampak fenotipik atau epidemologis.

WHO juga masih memerlukan pemantauan lebih dan pengkajian ulang terkait varian virus lokal ini sambil menunggu bukti baru.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: WHO.Int


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x