Tren Pengendalian Covid-19 Membaik, Masyarakat Diminta Tetap Taat Protokol Kesehatan

- 16 Agustus 2021, 19:43 WIB
Tren Pengendalian Covid-19 Membaik, Masyarakat Diminta Tetap Taat Protokol Kesehatan
Tren Pengendalian Covid-19 Membaik, Masyarakat Diminta Tetap Taat Protokol Kesehatan /August de richelieu/Pexels

KABAR BESUKI - Pandemi Covid-19 yang melanda beberapa daerah di Indonesia terus mengalami penurunan angka kasus harian.
 
Kendati demikian, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangannya mengatakan bahwa masyarakat harus menyikapi kondisi tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
 
Hal tersebut disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima, 16 Agustus 2021, dikutip Kabar Besuki dari Antara Jateng.
 
 
"Sejumlah parameter pengendalian Covid-19 di beberapa daerah mulai menunjukkan tren perbaikan. Menyikapi kondisi ini, dukungan penuh masyarakat sangat dibutuhkan dengan tetap mematuhi sejumlah kebijakan pengendalian Covid-19 yang diberlakukan," katanya.
 
Presiden Joko Widodo juga memaparkan telah terjadi penurunan tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit secara nasional dan saat ini tercatat tinggal 48,14 persen.
 
Keterangan tersebut disiarkan Sekretariat Presiden lewat YouTube, Minggu, 15 Agustus 2021.
 
 
Satgas Covid-19 mencatat pertambahan jumlah kasus positif virus corona tercatat  20.813 kasus dan jumlah pasien yang sembuh tercatat 30.361 pasien.
 
Menurut Lestari, kondisi tren membaiknya indikasi pengendalian Covid-19 tersebut harus terus dijaga, hingga mencapai standar pengendalian yang ditetapkan WHO.
 
Lestari juga berharap agar terus mengupayakan sinergi antara masyarakat dengan pihak terkait dalam menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan.
 
Selain itu, menurutnya percepatan pencapaian target vaksinasi di sejumlah daerah yang mulai menunjukkan tren penurunan kasus aktif positif Covid-19 harus segera dilakukan agar dapat melindungi masyarakat dari paparan virus.
 
 
Upaya pemerintah menekan biaya swab test PCR, menurut Lestari, diharapkan mempermudah dan memperluas upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) untuk mencegah perluasan penularan.
 
Bagi masyarakat, Lestari berharap, untuk tetap konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes) dalam keseharian.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: ANTARA Jateng


Tags

Terkini

x