Habib Rizieq Disebut Cocok Jadi Dubes RI Menghadapi Taliban di Afghanistan: Karena Lancar Berbahasa Arab

- 17 Agustus 2021, 11:00 WIB
Habib Rizieq Disebut Cocok Jadi Dubes RI Menghadapi Taliban di Afghanistan: Karena Lancar Berbahasa Arab
Habib Rizieq Disebut Cocok Jadi Dubes RI Menghadapi Taliban di Afghanistan: Karena Lancar Berbahasa Arab /Fauzan/ANTARA

KABAR BESUKI – Mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab disebut cocok menjadi Dubes (Duta Besar) RI Menghadapi Taliban di Afghanistan lantaran bisa berbahasa Arab.

Hal itu dikemukakan guru besar Universitas Indonesia (UI), Profesor Ronnie H. Rusli, yang mengatakan Habib Rizieq secara akademis layak untuk menduduki jabatan Dubes RI untuk pemerintahan Taliban yang akan memerintah di Afghanistan.

Profesor Ronnie H. Rusli menjelaskan, dirinya yakin secara akademis Habib Rizieq fasih berbahasa Arab, bahasa yang digunakan para pemimpin Taliban.

Baca Juga: Buntut Kudeta Taliban, Presiden Afghanistan Malah Tega Bawa Kabur Penuh Uang Tunai dengan Mobil dan Helikopter

“Lebih cocok HRS setelah bebas jadi Dubes RI di Pemerintahan Taliban di Afghanistan menurut pendapat secara akademis karena lancar berbahasa Arab sama persis dengan bahasa yang digunakan di Qatar tempat pemimpin Taliban berada selama pendudukan Amerika di Afghanistan,” tulis Profesor Ronnie H. Rusli, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari Twitter @ronnie_rusli.

Sekadar informasi, Taliban, organisasi militer yang digulingkan oleh pasukan Amerika Serikat pada 2001, kini menguasai lebih dari separuh ibu kota provinsi di Afghanistan.

Mereka juga secara bertahap mengepung ibukota Kabul, sebuah kota yang jatuhnya berarti kontrol total kelompok fundamentalis Islam atas Afghanistan.

Baca Juga: Amerika Serikat Tetapkan Syarat untuk Mengakui Pemerintahan Afghanistan yang Baru

Menurut ulasan analis di akun @AltoLuger mengomentari kurangnya nasionalisme yang memungkinkan Taliban untuk mengontrol Afghanistan dengan lembut.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Twitter


Tags

Terkini