BMKG Beri Peringatan Potensi Hujan Lebat hingga Disertai Kilat di Berbagai Wilayah Indonesia

- 20 Agustus 2021, 13:20 WIB
BMKG Beri Peringatan Potensi Hujan Lebat Hingga Disertai Kilat di Berbagai Wilayah Indonesia
BMKG Beri Peringatan Potensi Hujan Lebat Hingga Disertai Kilat di Berbagai Wilayah Indonesia /PublicDomainPictures/pixabay

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir yang kemungkinan akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikutip Kabar Besuki dari laman resmi BMKG, untuk Sabtu, 21 Agustus 2021, beberapa daerah yang berpotensi terjadinya hujan disertai kilat/petir adalah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku Utara dan Papua.

Daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Fenomena Alam Bulan Berwarna Biru atau Blue Moon Akan Terjadi dalam Waktu Dekat

Bagian wilayah Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Barat juga diperkiraan berpotensi mengalami angin kencang.

Selain itu, BMKG juga menjelaskan potensi banjir juga kemungkinan akan terjadi di berbagai wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Disamping itu, BMKG juga menyampaikan peringatan dini potensi kebakaran hutan di daerah Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Refly Harun Kritik Keras Wacana Pilpres Kembali Dilakukan MPR dan Aturan Presidential Treshold

Menurut BMKG daerah yang memiliki Probabilistik >60 persen untuk potensi hujan lebat > 50mm terdapat di wilayah Jateng, Kalteng, Sulbar, Sulsel, Sulteng, dan Papua.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: BMKG


Tags

Terkini

x