Fenomena 'Tutup Telinga Challenge' Jadi Viral, Rocky Gerung: Orang Minta Perhatian Lewat Mural tapi Dilarang

- 16 September 2021, 08:42 WIB
Fenomena 'Tutup Telinga Challenge' Jadi Viral, Rocky Gerung: Orang Minta Perhatian Lewat Mural tapi Dilarang
Fenomena 'Tutup Telinga Challenge' Jadi Viral, Rocky Gerung: Orang Minta Perhatian Lewat Mural tapi Dilarang /Rocky Gerung/Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Belakangan ini fenomena 'Tutup Telinga Challenge' mendadak viral di media sosial berawal dari Tahfidz Quran yang ogah mendengarkan musik.

Lahirnya fenomena 'Tutup Telinga Challenge' bermula ketika seorang Tahfidz Quran dari sebuah pondok pesantren yang menutup telinga karena merasa terganggu dengan adanya suara musik di area vaksinasi Covid-19.

Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung pun ikut menanggapi fenomena 'Tutup Telinga Challenge' yang viral berdasarkan pemahamannya.

Baca Juga: Yenny Wahid Langsung Muncul Belain Santri 'Tutup Kuping' Saat Mendengar Musik: Bukan Indikator Mereka Radikal

Menurut Rocky Gerung, fenomena 'Tutup Telinga Challenge' awalnya merupakan metode untuk meningkatkan konsentrasi ketika manusia beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Jadi itu konsentrasi untuk menghubungkan manusia dengan alam semesta dan Tuhan Yang Maha Esa. Itu kegiatan (genealogi) rohaninya tuh," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Kamis, 16 September 2019.

Rocky Gerung mengatakan, fenomena 'Tutup Telinga Challenge' juga merupakan cara baru untuk meminta perhatian kepada penguasa.

Menurutnya, fenomena tersebut sesungguhnya berasal dari tradisi Jawa ketika ingin mengeluarkan keluh kesah terhadap raja atau sultan tanpa harus membuatnya tersinggung, agar raja atau sultan mau mendengarkan apa yang menjadi aspirasi rakyatnya.

"Ada genealogi politik juga yaitu Pepe di dalam Bahasa Jawa yaitu orang cuma diem aja kan, protes di depan istana raja atau sultan menunggu reaksi sultan. Jadi itu dalam upaya untuk minta perhatian agar sultan tahu bahwa ada problem," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x