Virus Covid19 Diketahui Peneliti Baru Wuhan 2 Kali Lebih Berbahaya

- 13 April 2020, 13:45 WIB
ILUSTRASI Virus corona.*
ILUSTRASI Virus corona.* /

KABAR BESUKI – Pandemi virus Corona atau Covid-19 belum juga usai, wabah yang menyerang dunia ini membuat kekhawatiran bagi semua orang. Virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini ternyata mampu menyebar dari pasien yang sebelumnya positif Covid-19 yang hampir dari enam orang.

Ada fakta mengatakan dan merevisi klaim bahwa virus Covid-19 hanya menular kepada 2,2 hingga 2,7 orang.

Dari hasil studi pada masa awal wabah di Wuhan, virus Covid-19 ini ternyata bisa ditularkan penderita kepada 5,7 orang, diketahui oleh kutipan Pikiran-Rakyat.com dari Daily Mail. Peneliti dari Laboratorium Nasional Los Alamos,New Mexico, Amerika Serikat (AS) melakukan studi baru bahwa wabah virus Covid-19 bisa menyebar lebih lama daripada anggapan sebelumnya yang sekitar 2,3 hingga 3,3 hari.

Baca Juga: Total Hampir 2 Juta Kasus Covid-19 di Dunia Per 13 April 2020

Banyak menyangka ketika pertama kali  wabah meluas, tingkat penyebaran virus Covid-19 pada populasi hanya 0,1 hingga 1,14. Dan kini virus Covid-19 memiliki tingkat penyebaran dua kali lipat lebih tinggi yaitu sekitar 0,21 hingga 0,30, hal tersebut diketahui setelah para peneliti menemukan penyebabnya.

Para peneliti di Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa periode jangka waktu dari gejala hingga jatuh sakit hanya terjadi 4,2 hari. Jarak waktu antara gejala pertama hingga dirawat di Tiongkok mencapai 5,5 hari, sebelum tanggal 18 Januari lalu.

Jeda waktu tersebut dipersingkat setelahnya secara signifikan hingga 1,5 hari. Dan disaat yang bersamaan, muncul hasil penelitian yang menunjukan sebuah potensi penularan virus Covid-19 antar manusia.

Dengan kondisi yang semakin mengkhawatirkan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) meningkatkan kebijakannya dengan sigap mengarantina wilayah Wuhan, bahkan Provinsi Hubei.

Baca Juga: Mengenang Tragedi Belut Saktiawan Sinaga Tak Sadarkan Diri di ISL 2008

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkini

x