Ustadz Khalid Basalamah Klarifikasi Ceramah tentang Wayang: Saya Sama Sekali Tidak Punya Niat Menghapuskan Ini

- 15 Februari 2022, 08:32 WIB
Ustadz Khalid Basalamah Klarifikasi Ceramah tentang Wayang: Saya Sama Sekali Tidak Punya Niat Menghapuskan Ini.
Ustadz Khalid Basalamah Klarifikasi Ceramah tentang Wayang: Saya Sama Sekali Tidak Punya Niat Menghapuskan Ini. /Tangkap Layar YouTube.com/Khalid Basalamah Official

KABAR BESUKI - Ustadz Khalid Basalamah baru-baru ini menyampaikan klarifikasi mengenai ceramah tentang wayang yang memicu kemarahan banyak pihak.

Ustadz Khalid Basalamah dalam klarifikasi mengenai ceramah tentang wayang menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak punya niat buruk.

Ustadz Khalid Basalamah menegaskan bahwa dirinya hanya memiliki niat untuk menyampaikan ceramah yang ditujukan kepada kalangan terbatas, yakni jamaah yang menghadiri acara tersebut beberapa tahun yang lalu.

Baca Juga: Wayang Disebut Haram dan Harus Dimusnahkan, Sudjiwo Tedjo: Beragama Juga Ada Semesternya

Ada beberapa poin penting yang dijelaskan oleh Ustadz Khalid Basalamah terkait isi ceramah tentang wayang yang dipicu oleh pertanyaan dari salah seorang jamaah yang merupakan mantan dalang.

Pada poin pertama, dia menjelaskan bahwa dirinya hanya menyarankan agar Islam menjadi sebuah tradisi masyarakat, bukan menjadikan tradisi sebagai syariat Islam.

"Kami sarankan agar Islam menjadi tradisi, jangan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata di situ mengharamkan, saya mengajak agar Islam menjadi tradisi," kata Ustadz Khalid Basalamah sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Khalid Basalamah Official pada Senin, 14 Februari 2022.

Dia juga menegaskan bahwa tradisi Indonesia yang masih sejalan dengan ajaran Islam untuk tetap dilestarikan, namun dia juga menyarankan agar tradisi yang bertentangan dengan ajaran Islam untuk ditinggalkan.

"Makna kata-kata ini juga, kalau ada tradisi yang sejalan dengan Islam, nggak ada masalah. Dan kalau bentrok dengan Islam, ada baiknya ditinggalkan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Khalid Basalamah Official


Tags

Terkait

Terkini

x