Mendag Lutfi Ngaku Tak Sanggup Lawan Kartel Minyak Goreng, Rocky Gerung: Serahkan Aja Kepada Kepolisian

- 18 Maret 2022, 08:15 WIB
Mendag Lutfi Ngaku Tak Sanggup Lawan Kartel Minyak Goreng, Rocky Gerung: Serahkan Aja Kepada Kepolisian.
Mendag Lutfi Ngaku Tak Sanggup Lawan Kartel Minyak Goreng, Rocky Gerung: Serahkan Aja Kepada Kepolisian. /Dok. Humas Kemendag

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menanggapi pernyataan Mendag Lutfi yang mengaku tak sanggup melawan kartel minyak goreng.

Rocky Gerung menyarankan Mendag Lutfi menyerahkan urusan minyak goreng kepada kepolisian jika tak sanggup melawan kartel.

Rocky Gerung menilai Mendag Lutfi tak sanggup menghadapi kartel minyak goreng karena dualisme kebijakan dalam penentuan harga antara minyak goreng curah dengan minyak goreng jenis premium atau lainnya.

"Ini akibat dualisme di dalam penentuan harga. Yang satu melayani kepentingan oligarki, yang lain berupaya untuk menyogok rakyat bawah tuh," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Jumat, 18 Maret 2022.

Baca Juga: Stok Minyak Goreng Kini Melimpah Usai Pemerintah Cabut HET, Rocky Gerung: Kabinet Jokowi Gak Ada Gunanya

Rocky Gerung menjelaskan bahwa dalam teori ekonomi ada istilah penyelundupan yang pertama kali terjadi apabila terdapat selisih pada harga sebuah komoditas.

Mantan pengajar sekaligus alumni Universitas Indonesia (UI) itu menegaskan bahwa ketika hal tersebut tak mampu diselesaikan oleh Mendag Lutfi, seharusnya para kartel dipanggil untuk dimintai keterangan atas naiknya harga minyak goreng di pasaran.

"Jadi kita tahu, dalam ekonomi begitu terjadi selisih maka apa yang terjadi pertama kali adalah penyelundupan. Itu udah jadi rumus, dan harusnya kalau memang nggak bisa diselesaikan ya panggil satu satu lalu tanya 'Mau apa kalian tuh?'," ujarnya.

Dia juga menyarankan agar Mendag Lutfi menyerahkan tanggung jawab mengenai polemik harga minyak goreng kepada Presiden Jokowi jika mengaku tak sanggup mengatasinya, meski Presiden Jokowi dianggap sebagai hasil 'ijon' dari para kartel.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x