Viral Gagasan 'Negara Islam' ala Rocky Gerung, Refly Harun: Jangan Langsung Dikaitkan dengan Makar

- 23 Maret 2022, 06:00 WIB
Viral Gagasan 'Negara Islam' ala Rocky Gerung, Refly Harun: Jangan Langsung Dikaitkan dengan Makar.
Viral Gagasan 'Negara Islam' ala Rocky Gerung, Refly Harun: Jangan Langsung Dikaitkan dengan Makar. /Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung baru-baru ini kembali membuat viral karena mengungkapkan gagasan tentang negara Islam berdasarkan pemikirannya.

Pakar hukum tata negara Refly Harun turut menanggapi gagasan negara Islam ala Rocky Gerung yang viral, meski kerap dituding sebagai makar.

Refly Harun menilai gagasan negara Islam yang didengungkan oleh Rocky Gerung menjadi viral karena konsep berpikirnya yang terbilang menarik di tengah banyaknya persoalan di negeri ini.

Baca Juga: Jokowi Terancam Ditinggalkan Parpol Pendukung, Rocky Gerung Puji Surya Paloh dan Megawati

Rocky Gerung menyampaikan bahwa dirinya memiliki gagasan terhadap pembentukan konsep negara Islam karena adanya jaminan bagi keadilan sosial.

"Saya beraspirasi untuk bikin negara Islam, serius. Karena saya berpikir, justice itu adanya di dalam teologi Muslim," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Selasa, 22 Maret 2022.

Mantan pengajar sekaligus alumni Universitas Indonesia (UI) itu menyadari bahwa gagasan negara Islam sangat mustahil untuk diwujudkan pada masa kini karena membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Meski demikian, dia alasan dirinya mengemukakan gagasan negara Islam karena nilai-nilai Pancasila selama ini belum sepenuhnya membumi di tanah Indonesia.

"Jadi di dalam pikiran saya ada ekspresi itu, kenapa? Karena bagi saya negara Islam keadilannya lebih mudah dibayangkan daripada negara Pancasila," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x