Fashion Revolution Week Digelar dengan Tujuan Meningkatkan Kesadaran Akan Konsumsi Berlebihan dan Eksploitasi

- 23 April 2022, 13:17 WIB
Hari bumi mengingatkan untuk tidak membeli pakaian secara berlebihan/
Hari bumi mengingatkan untuk tidak membeli pakaian secara berlebihan/ /Artem Beliaikin/pexels.com/

KABAR BESUKI - Hari Bumi pada tanggal 22 April sering ditandai di seluruh dunia dengan serangkaian kegiatan perlindungan lingkungan seperti pengambilan sampah dan penanaman pohon.

Pada Hari Bumi tahun ini kita kembali disadarkan bahwa krisis iklim memang nyata adanya dan perlu tindakan nyata juga untuk mengatasinya.

Sebagai individu banyak hal yang dapat kita lakukan untuk tidak menambah gas emisi karbon ataupu sampah di bumi. Seperti tidak membuang-buang makanan dan tidak mengonsumsi apapun secara berlebihan.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Gelar Mudik Bareng Gratis 2022 Rute Bali-Banyuwangi, Cek Persyaratannya

Untuk industri fashion, tanggal tersebut bertepatan dengan Fashion Revolution Week tahunan, yang memperingati kecelakaan Rana Plaza 2013, di mana 1.134 orang tewas ketika sebuah bangunan pabrik garmen runtuh di Dhaka, Bangladesh.

Tahun ini, Revolusi Mode cabang Singapura, gerakan dan organisasi aktivisme global, bertujuan untuk meningkatkan transparansi dalam industri mode dengan mendidik publik tentang eksploitasi sumber daya alam yang didorong oleh konsumsi.

Kampanye yang menandai kembalinya aktivitas fisik setelah dua tahun online akibat pandemi Covid-19, dimulai pada Senin (18 April) dan akan berakhir Rabu depan.

Masyarakat dapat mengambil bagian dalam acara-acara seperti lokakarya menjahit dan daur ulang - mengubah pakaian lama atau rusak menjadi pakaian baru - dan diskusi panel tentang mode berkelanjutan.

"Dalam Pekan Revolusi Mode, merek akan didorong untuk mengalihkan fokus mereka dari pertumbuhan tanpa akhir, dan konsumen akan didesak untuk meneliti nilai sebenarnya dari apa yang kita beli," kata Ms Shen Xingyun, koordinator negara Revolusi Mode Singapura seperti yang dilansir Kabar Besuki dari Straits Times.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Straits Times


Tags

Terkait

Terkini

x