Berikut 6 Tips Aman dan Sehat dalam Melakukan Perjalanan Mudik Lebaran, Salah Satunya Hindari Gunakan Motor

- 29 April 2022, 13:29 WIB
Perjalanan Mudik Lebaran
Perjalanan Mudik Lebaran /Diskominfo Indramayu

KABAR BESUKI - Lebaran tinggal beberapa hari lagi, sebelum itu siapkan keperluan mudik agar tidak ada yang ketinggalan, dan simak beberapa tips agar perjalananmu aman dan tak terkendala.
 
Pemerintah tahun ini mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran 2022, setelah sebelumnya selama 2 tahun mudik tidak diperbolehkan karena pandemi COVID-19.
 
Beragam transportasi ramai digunakan untuk mudik lebaran mulai dari bus,kereta, pesawat, kapal, hingga kendaraan pribadi.
 
 
Untuk menjaga keselamatan perjalan mudik, dilansir Kabar Besuki dari PMJ News, berikut 6 tips aman dan sehat dalam melakukan perjalanan mudik lebaran.
 
1. Lengkapi Vaksinasi COVID-19
 
Vaksin COVID-19 menjadi salah satu syarat mudik 2022 yang harus ditaati. Pemudik diharuskan melengkapi vaksin lengkap dan booster.
 
Sebaiknya lakukan vaksinasi jauh-jauh sebelum hari mudik, hal ini berguna menghadapi efek samping setelah vaksin, dan kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.
 
2. Pilih Moda Transportasi Terbaik
 
Tips mudik lainya adalah perhatikan dalam pemilihan moda transportasi yang nyaman dan tepat dengan cara memperhatikan jarak tempuh menuju kampung halaman.
 
Jika jaraknya jauh atau berada di luar pulau, lebih baik jika memilih pesawat terbang, selain itu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun jangan menggunakan motor.
 
 
3. Cek Kondisi Kendaraan
 
Apabila mudik menggunakan mobil pribadi, pastika untuk mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.
 
4. Terapkan Protokol Kesehatan
 
Pastikan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, jangan lupa menggunakan masker sesuai standar, jaga jarak, hindari kerumunan, rutin cuci tangan, bawa hand sanitizer untuk mencegah penularan COVID-19 selama perjalanan mudik.
 
5. Cukup Istirahat Sebelum Berangkat
 
Sebelum berangkat mudik, pastikan mencukupi kebutuhan istirahat, hal ini berguna menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama mudik.
 
 
6. Bawa Perlengkapan Kesehatan
 
Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: PMJNews


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x