Sosok SimpleMan Orang Pertama Menulis Kisah KKN di Desa Penari yang Saat Ini Viral dan Dijadikan Film

- 10 Mei 2022, 19:26 WIB
Sosok SimpleMan Orang Pertama Menulis Kisah KKN di Desa Penari.
Sosok SimpleMan Orang Pertama Menulis Kisah KKN di Desa Penari. /tangkap layar Instagram @kknmovie/
KABAR BESUKI - Film KKN di Desa Penari saat ini digandrungi oleh masyarakat, dalam film ini menceritakan pengalaman 6 mahasiswa yang mengikuti KKN di sebuah desa.
 
Kegiatan KKN yang dilakukan oleh 6 mahasiswa itu berbuntut tewasnya 2 orang dari ke-6 mahasiswa yang mengikuti KKN.
 
Film yang dirilis pada 30 April 2022 ini menceritakan sebuah alur berdasarkan kisah nyata dari seseorang yang menjadi saksi hidup perjalannanya waktu KKN di Desa Penari.
 
Berdasarkan hasil penelusuran yang dikutip Kabar Besuki dari akun YouTube Raditya Dika, kisah awal mula KKN di Desa Penari berdasarkan cuitan akun Twitter SimpleMan.
SimpleMan sendiri merupakan salah satu orang yang pertama kali mempopulerkan kisah KKN di Desa Penari.
 
Hal ini bermula saat teman ibunya menceritakan kisah tersebut saat berkunjung ke rumahnya.
 
Pada saat itu ia sangat antusias sekali dalam menulis sebuah cerita, pada saat mendengar cerita teman ibunya yang merupakan saksi hidup kisah KKN di Desa Penari ia merasa tertarik.
 
Karena iseng serta tertarik terhadap kisah teman ibunya tersebut, ia menceritakan semua kisah yang dibicarakan teman ibunya lewat akun media sosial Twitternya.
 
Tak sangka atas cuitan kisah yang dituliskannya lewat Twitter tersebut justru menjadi viral dan bahkan dibuatkan sebuah film.
 
Namun, ia tak secara gamblang siapa teman ibunya tersebut. Namun, ia sekilas menceritakan bahwa teman ibunya tersebut memiliki jarak umur yang sangat jauh dari ibunya.
 
Dalam kisahnya yang diunggah oleh akun YouTube Raditya Dika itu, ia tidak menceritakan secara rinci dimana kampus 6 mahasiswa yang dibahas dalam kisah itu.
 
Ia hanya menjelaskan bahwa kampus yang menjadi awal mula kisa itu berada di daerah tempat dirinya tinggal.
 
SimpleMan ini menceritakan enam mahasiswa perguruan tinggi asal Kota S di Jawa Timur yang melakukan KKN di daerah terpencil pada akhir 2009.
 
Ke-6 mahasiswa yang terdapat di kisah KKN di Desa Penari itu adalah Widya, Nur, Ayu, Wahyu, Bima, dan Anton.
 
Kejadian mistis ke-6 mahasiswa sudah bermula pada saat mereka hendak menuju ke tempat desa yang akan dijadikan KKN.
 
Tetua desa sudah telah diperingatkan mereka untuk tidak melewati batas gerbang terlarang.
 
Namun, beberapa dari mereka tak mengindahkan peringatan tersebut, hingga serentetan pengalaman janggal dan menakutkan pun menghantui mereka.
 
Hingga akhirnya dua di antara 6 mahasiswa yang menjadi tokoh di dalam cerita tersebut meninggal dunia.
 
SimpleMan sendiri awal mulanya tidak diizinkan untuk menceritakan kisah ini di media sosial, bahkan karena sudah viral akhirnya ia speakup.
 
Ditakutkan kisah yang diangkat oleh SimpleMan iru akan berdampak pada daerah ataupun orang-orang yang sangat sensitif terhadap cerita yang ia tulis.
 
Namun, demi memastikan bahwa tidak akan orang yang tahu siapa persisnya keenam mahasiswa serta tempat sekaligus kampus, maka SimpleMan mengarang nama-nama orang serta nama desa ia buramkan dan juga kampusnya tidak secara pasti ia cantumkan.
 
Hal itu demi menjaga kerahasiaan yang terdapat dalam kisah KKN di Desa Penari.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube Raditya Dika


Tags

Terkait

Terkini

x