BMKG: Sebagian Kota Besar di Indonesia Diprakirakan Bakal Hujan dengan Intensitas yang Beragam

- 3 Agustus 2022, 10:00 WIB
Sumber foto : BMKG, Peta Prediksi Sebaran Hujan
Sumber foto : BMKG, Peta Prediksi Sebaran Hujan /BMKG/

KABAR BESUKI – Menurut penjelasan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa sebagian kota besar di Indonesia bakal hujan dengan intensitas yang beragam.

Dalam informasi online yang ditampilkan oleh info BMKG yang dilacak di Jakarta, dijelaskan bahwa terpantau dua sirkulasi siklon.

Yaitu di Selat Karimata dan di Samudera Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai yang membentuk kawasan pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau konvergensi memanjang dari Laut Jawa Barat sampai Lampung, sampai Laut Natuna dan masuk ke Samudera Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai.

Kemudian diamati juga adanya daerah pertemuan atau pertemuan angin di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera, dan di Laut Natuna.

Baca Juga: Kevin Sanjaya Melamar Valencia Tanoesoedibjo di Ulang Tahunnya yang Ke 27 Tahun, Netizen: Kok Sedih Ya

Zona konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari pantai selatan Banten hingga Selat Sunda, kemudian di Kalimantan Tengah, di Sulawesi Tengah dan di wilayah Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan di sepanjang zona konvergensi atau pertemuan.

Secara umum, kondisi cuaca di Pulau Sumatera berawan hingga berpotensi hujan lebat. Potensi hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Kota Medan.

Waspadai potensi hujan lebat yang diperkirakan terjadi di Kota Bengkulu dan hujan disertai petir atau kilat di Kota Palembang.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

x