Waspadai Pengidap Kleptomania, Gangguan yang Diduga pada Kasus Pencurian di Alfamart

- 15 Agustus 2022, 12:10 WIB
Ilustrasi Gangguan Kleptomania
Ilustrasi Gangguan Kleptomania /Unsplash/Kelly Sikkema/

KABAR BESUKI – Apa itu kleptomania? Istilah kleptomania kini mencuat seiring dengan viralnya kasus pengambilan barang pada suatu minimarket (Alfamart) yang dilakukan seorang wanita beberapa waktu lalu.

Gangguan kleptomania merupakan gangguan yang dialami seseorang yang tidak mampu menahan diri dari keinginan untuk mencuri.

Parahnya, ketidakmampuan menahan diri terjadi berulang-ulang. Biasanya, seseorang yang mengidap kleptomania mencuri barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, bahkan bernilai kecil.

Baca Juga: Arief Muhammad Turut Buka Suara Terkait Pegawai Alfamart yang Diancam UU ITE: Saya Siap Memberi Bantuan Hukum

Kleptomania adalah gangguan kesehatan mental yang langka, namun serius, karena dapat menyebabkan banyak rasa sakit emosional pada diri sendiri dan orang lain.

Gangguan kleptomania termasuk pada kelompok gangguan kendali impulsif. Gangguan ini akan menyebabkan penderitanya sulit mengendalikan emosi dan perilaku.

Pengidap kleptomania dapat membuat penderitanya terganggu secara emosional. Bahkan berdampak serius pada gangguan mental, terjerat hukum, hingga timbulnya pikiran untuk bunuh diri.

Berdasarkan pengertian dan ciri-ciri tersebut, kleptomania diduga diidap oleh seorang wanita yang sedang viral pada kasus pencurian barang Alfamart beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Alfamart Buka Suara, Atas Kasus Pegawainya yang Diancam UU ITE oleh Ibu-ibu Pencuri Coklat

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Mayoclinic


Tags

Terkait

Terkini

x