Cagar Alam Maninjau Agam, Ditumbuhi Bunga Rafflesia yang Bernama 'Tuan-Mudae'

- 12 November 2020, 23:39 WIB
 Fakta menarik tentang bunga Rafflesia Arnoldi.
Fakta menarik tentang bunga Rafflesia Arnoldi. /Pegipegi

KABAR BESUKI - Bunga langka yang dilindungi jenis rafflesia tuan-mudae sedang mekar sempurna pada hari kelima di dalam kawasan hutan Cagar Alam Maninjau di Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Ade Putra di Lubukbasung, Kamis, mengatakan bunga dengan diameter 62,3 centimeter itu tumbuh di hutan belantara kawasan yang terlindungi tersebut.

"Bunga tersebut terpantau sedang mekar sempurna ketika tim BKSDA Resor Agam melaksanakan patroli di lokasi, Kamis (12/11)," katanya.

Baca Juga: Kamis 12 November 2020, Total Pasien Covid-19 di Jakarta Sembuh Mencapai 92,2 Persen

Ia mengatakan, di lokasi saat ini juga terdapat tujuh knop atau bonggol bunga rafflesia, dan satu knop akan mekar sempurna dalam waktu satu minggu ke depan.

Sebelumnya tepat pada 1 Januari 2020, di lokasi itu juga mekar bunga tersebut dengan diameter mencapai 111 centimeter, dan merupakan bunga rafflesia terbesar di dunia yang pernah tercatat dan terdokumentasikan.

Baca Juga: Presiden Indonesia Joko Widodo Melakukan Kolaborasi dengan ASEAN-Korsel Untuk Menanggulangi Covid-19

Spesies rafflesia tuan-mudae ini hampir mirip dengan rafflesia arnoldii. Perbedaan yang mencolok ada pada morfologi atau fisik, antara jenis rafflesia tuan-mudae di Cagar Alam Maninjau dengan rafflesia arnoldi.

Perbedaan terlihat pada warna kelopak (perigon), rafflesia arnoldii lebih ke oranye sedangkan spesies tuan-mudae ke arah merah maron.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x