Dolar Kembali Menguat Akibat Terdongkrak Kenaikan Imbal Hasil Obligasi Pemerintah Amerika Serikat

- 31 Maret 2021, 08:05 WIB
foto : dolar menembus level tertinggi,
foto : dolar menembus level tertinggi, /ALiefia R/ pexels // user : @pixabay

KABAR BESUKI - Dolar naik terhadap mata uang utama lainnya di akhir sesi Selasa (Rabu pagi GMT), mencapai tertinggi satu tahun terhadap yen.

Dikarenakan peningkatan imunisasi Amerika Serikat dan stimulus rencana utama mendukung ekspektasi pemulihan yang kuat dari pandemi, meningkatkan obligasi pemerintah.

Yield obligasi pemerintah Amerika Serikat bertenor 10 tahun melonjak ke level tertinggi 14 bulan pada Selasa 30 Maret 2021 hingga mencapai 1,776 persen, dan merupakan hari terakhir naik tipis hingga 1,727 persen.

Imbal hasil obligasi pemerintah mencapai level tertinggi baru sehari sebelum Presiden Joe Biden mengatakan bagaimana dia bermaksud untuk membayar rencana infrastruktur senilai $ 3-4 triliun.

Baca Juga: Emas Anjlok Sejumlah 28,6 Dolar, Diduga Akibat Lonjakan dari Imbal Hasil Amerika Serikat

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, menembus batas 93 dan yang terbaru naik 0,4 persen menjadi 93,294.

Indeks tersebut mencapai tertinggi 93,357, level tertinggi dalam empat bulan.

"Optimisme ekonomi telah menjadi pendorong utama sejauh ini, dengan indeks dolar naik dari 89 menjadi 93," kata Erik Nelson, ahli strategi makro di Wells Fargo di New York.

“Ada sedikit momentum di balik gerakan ini. Kami melewati beberapa level teknis utama di beberapa mata uang utama, termasuk indeks dolar, ”tambahnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x