Rocky Gerung Soroti Kenaikan Harga Gas LPG Non Subsidi: Begitu Terjadi Kesulitan, Kecurangan Pasti Jalan

- 28 Februari 2022, 11:47 WIB
Rocky Gerung Soroti Kenaikan Harga Gas LPG Non Subsidi: Begitu Terjadi Kesulitan, Kecurangan Pasti Jalan.
Rocky Gerung Soroti Kenaikan Harga Gas LPG Non Subsidi: Begitu Terjadi Kesulitan, Kecurangan Pasti Jalan. /Ilustrasi/Pikiran-Rakyat.com

KABAR BESUKI - Akademisi Rocky Gerung soroti kenaikan harga gas LPG non subsidi beserta potensi kecurangan akibat kesulitan yang terjadi akhir-akhir ini.

Rocky Gerung menilai kenaikan harga gas LPG non subsidi tak bisa dihindari, meski mengetahui adanya kesulitan keuangan negara maupun kemampuan bertahan di kalangan petani pada saat ini.

Rocky Gerung menyebut bahwa kenaikan harga gas LPG non subsidi yang terjadi saat ini sangat berdampak kepada masyarakat kecil, karena berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia yakni pangan.

"Itu tidak bisa dihindarkan, karena kita tahu kesulitan keuangan, kita tahu kemampuan bertahan petani, macem-macem. Jadi kalau kita tahu itu sekalipun non-subsidi, impact-nya tetap akan nyampe juga karena itu adalah kebutuhan dasar," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Senin, 28 Februari 2022.

Baca Juga: Harga Gas Elpiji Melambung Tinggi, Rizal Ramli Sentil Jokowi: Kok Doyannya Naikin Harga Diem-diem? Kayak Copet

Rocky Gerung juga menyebut adanya potensi kecurangan yang sangat mungkin terjadi ketika masyarakat dibuat kesulitan dengan naiknya harga gas LPG non subsidi di pasaran.

Dia menduga bahwa akan ada oknum pembeli yang memborong gas LPG bersubsidi untuk dijual kepada masyarakat yang selama ini membeli gas LPG non subsidi.

"Begitu terjadi kesulitan untuk mencapai harga itu, kecurangan pasti jalan, dan kecurangan itu masuk akal. Atau si pembeli yang subsidi dia jual ke yang non-subsidi," ujarnya.

Selain itu, mantan pengajar sekaligus alumni Universitas Indonesia (UI) itu menilai bahwa peluang bisnis dengan nuansa kecurangan tersebut berpotensi muncul karena pemerintah dianggap gagal membuat perencanaan untuk antisipasi.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x