Penting! Ternyata Harus Melakukan Ini Jika Kucing Tidak Nafsu Makan

- 16 Februari 2021, 19:43 WIB
Kucing tidak nafsu makan
Kucing tidak nafsu makan /Pexels/ Pixabay

KABAR BESUKI – Kucing peliharaan tiba-tiba tidak nafsu makan, mungkin merupakan hal yang biasa. Namun jika kucing tidak mau makan sama sekali, ia mungkin mengalami anoreksia atau yang dikenal dengan pseudo anorexia.

Keduanya bisa mengancam nyawa, terutama jika kucing menyentuh makannya selama beberapa hari. Penting untuk pemilik, melihat kebiasaan makannya.

Anoreksia pada kucing tidak sama dengan kondisi manusia saat mengalami anoreksia nervosa. Pada kucing, kondisi ini hampir selalu disebabkan oleh pemicu organik dan fisiologis.

Baca Juga: Sinopsis Tenet, Film Keren Ketika Masa Depan dan Masa Lalu Berada di Waktu yang Sama

Dilansir dari Catster, Robin Downing, D.V.M, direktur Klinik Hewan Windsor, Colorado mangatakan bahwa anoreksia pada kucing adalah penurunan atau hilangnya nafsu makan.

Ia mengatakan,“Anoreksia semu terjadi pada kucing yang ingin makan tetapi secara fisik tidak mampu karena beberapa alasan, termasuk sakit mulut, ketidakmampuan untuk memasukkan makanan ke dalam mulut dan ketidakmampuan untuk mengunyah atau menelan.”

Dalam kodisi ini, alternatif yang tepat yakni untuk membawa kucing ke dokter dengan segera, karena dikhawatirkan akan menyebabkan kelainan pada hati yang disebut lipidosis hati, yang mana lemak menyusup ke hati dan dapat menyebabkan gagal hati total hingga kematian.

Baca Juga: Biografi LiSA Sosok Suara Pengiring Kesuksesan Anime Top Jepang

"Saya ingin menegaskan betapa berbahayanya bagi kucing untuk tiba-tiba berhenti makan, apa pun penyebabnya," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: catster


Tags

Terkini

x