Kucing Sedang Tanggal Gigi? Anda Harus Berhati-Hati, Bisa Saja Disebabkan Karena Hal Ini

- 27 Februari 2021, 20:24 WIB
ILUSTRASI Kucing
ILUSTRASI Kucing /,*/PIXABAY

KABAR BESUKI - Bagi manusia, kesehatan mulut yang baik sangat penting untuk menjalani hidup yang panjang dan bahagia, hal yang sama berlaku untuk kucing. Salah satu tanda bahwa mulut kucing tidak sehat adalah gigi tanggal.

Meskipun tidak selalu mudah untuk mengetahui kapan kucing kehilangan gigi, karena sebagian besar pemilik mungkin tidak terbiasa membuka bibir kucing untuk melihat giginya.

Dilansir dari Catstre, penting untuk menjaga kebersihan mulut kucing karena jika kebersihan mulut kucing buruk, dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius termasuk penyakit jantung.

Baca Juga: Kabar Duka Kembali Dirasakan Dunia Entertainment, Luna Maya Turut Berduka dan Fadli: Innalillahi, Semoga Allah

Jika pemilik melihat kucing kehilangan gigi, mengeluarkan air liur lebih banyak, atau mengalami ketidaknyamanan saat makan, cari tahu penyebabnya untuk mengembalikan kesahatan mulut kucing.

Kucing memiliki gigi susu dan mulai muncul usia tiga minggu, dan akan kehilangannnya pada usia tiga hingga empat bulan kemudian. Kehilangan gigi bagi kucing merupakan sesuatu yang normal. Pada saat anak kucing berusia delapan atau sembilan bulan, dia akan memiliki ke-30 gigi dewasanya.

Tetapi, banyak kucing dewasa yang kehilangan gigi menjadi tanda cedera atau infeksi. Kucing yang kehilangan gigi, bisa ada tiga penyebab utama yaitu penyakit, cedera, atau diet.

Penyakit periodontal atau penyakit gusi adalah penyakit gigi kucing yang paling umum. Faktanya, menurut Cornell Feline Health Center, sebanyak 85 persen kucing yang berusia di atas enam tahun mungkin menderita penyakit periodontal, yang disebabkan oleh penumpukan plak di sepanjang garis gusi yang akhirnya menyebabkan gigi kendur dan tanggal.

Baca Juga: 7 Aturan Staf Kerajaan yang Harus Diikuti, Jika Ingin Tetap Mempertahankan Pekerjaannya

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: catster


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x