Awas, Jangan Ngobrol Saat Makan di Restoran demi Menjaga Diri dari COVID-19

- 9 Maret 2021, 22:52 WIB
Ilustrasi makan di restoran.
Ilustrasi makan di restoran. /Pixabay/Free-Photos

KABAR BESUKI - Penularan virus corona melalui droplet bisa terjadi saat berbicara, maka masyarakat diimbau untuk tidak mengobrol saat makan di restoran demi menjaga diri dari COVID-19, kata Ketua POKJA Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr. Erlina Burhan.

Pergunakan waktu makan di mana masker dibuka hanya untuk makan, jangan diselingi dengan berbincang-bincang saat mulut tidak terlindung masker.

Selain itu, pastikan tempat yang dituju sudah menjalankan protokol kesehatan secara baik, seperti menjaga kapasitas, mengecek suhu tubuh pengunjung sebelum masuk, mewajibkan seluruh staf menggunakan masker, juga ada pemeriksaan kesehatan berkala bagi para pegawai.

Baca Juga: Akhirnya, AS Umumkan Seorang yang Sudah Divaksinasi Dapat Berkerumun Tanpa Masker

Pastikan juga meja dan kursi dibersihkan dengan sabun atau alkohol, juga makanan dihidangkan secara individual dan hindarilah prasmanan.

Anda juga harus yakin restoran tersebut membersihkan alat makan secara baik, juga ada langkah tambahan seperti merendamnya di air panas.

"Setelah makan selesai, pakailah masker sebelum mengobrol," kata Erlina dalam acara virtual, Selasa, 9 Maret 2021, sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca Juga: Mengenal Vaksin AstraZeneca yang Sudah Bersertifikat EUA oleh BPOM

Jika memang makan bersama orang lain dalam satu meja yang sama, perhatikan tempat duduk masing-masing.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x