Bernostalgia, Buku Matematika di Abad ke-19 Ini Memberi Wawasan Kebudayaan Indonesia di Masa Kolonial Belanda

- 11 Maret 2021, 14:34 WIB
Bernostalgia, Buku Matematika di Abad Ke-19 Ini Memberi Wawasan Kebudayaan Indonesia di Masa Kolonial Belanda/ facebook.com/KhirJohari
Bernostalgia, Buku Matematika di Abad Ke-19 Ini Memberi Wawasan Kebudayaan Indonesia di Masa Kolonial Belanda/ facebook.com/KhirJohari //Rianti Setyarini/

KABAR BESUKI - Seorang pengguna Facebook, Khir Johari dalam salah satu unggahannya menemukan sebuah buku kuno milik bangsa Indonesia pada saat masa kolonial Belanda sekitar 140 tahun lalu.

Buku tersebut sepertinya adalah buku sekolahan yang digunakan untuk mengajarkan murid mengenai matematika dasar.

Buku itu berjudul "Inilah ‘Beberapa Hitoengan’ akan dipergoenaken di Sekola Malajoe terkarang oleh R. Brons Middel. Kitab Jang Pertama. Tertjitak di Bandar Betawi pada Pertjitakan Gowernemen, 1881".

Atau yang jika diterjemah kan dengan ejaan sekarang "Inilah Beberapa Hitungan yang Dipergunakan di Sekolah Melayu, Dikarang Oleh R. Brons Middel. Edisi Pertama. Dicetak di Bandar Betawai pada Percetakan Gowernemen, 1881".

Baca Juga: Wanita Harus Tau, Ternyata Inilah Makna Tersembunyi Dibalik Hadiah yang Diberikan Pria

Ia juga mengunggah beberapa halaman buku tersebut dan terlihat jika buku itu memang sangat usang termakan oleh waktu.

Dalam unggahannya, Johari juga mengemukakan mengenai penemuannya ini dengan kejadian di masa lampau etika Indonesia masih dibawah kepemimpinan kolonial Belanda.

Buku Beberapa Hitoengan ini sepertinya digunakan untuk mengajari murid-murid sekolah dasar, jika dilihat dari materi yang diajarkannya.

Sebagian besar berisi tentang perhitungan matematika yang menggunakan perumpamaan kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Facebook


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x