Bukan Di Kutub, Namun Salah Satu Wilayah Indonesia Ini Berpotensi Hujan Es! Simak Ulasannya

- 12 Maret 2021, 12:09 WIB
ilustrasi hujan es -
ilustrasi hujan es - /Aliefia rizky/pixabay // user : lorapalner-3750713

KABAR BESUKI - Mulai memasuki masa pelemahan pada akhir Maret 2021, menandakan bahwa puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia sudah mulai berakhir.

Sehingga dapat dikatakan sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki masa peralihan dari musim hujan. hingga musim kemarau mulai akhir Maret 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan beberapa wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengalami hujan ringan hingga lebat hari ini. BMKG juga menyebutkan potensi hujan es.

Baca Juga: Inovasi Baru untuk Menghidupkan Perjalanan Pariwisata, Dubes RI: Indonesia-Singapura Menjadi Tahapan Pertama

Baca Juga: Prediksi BMKG: Puncak Musim Hujan Berada di Akhir Bulan Maret 2021, Simak Daftar Wilayahnya!

Fenomena hujan es merupakan fenomena yang umum terjadi pada musim pancaroba, hal ini dipicu oleh pola konvektif massa udara pada skala lokal-regional yang lebih penting pada masa transisi musiman.

Hujan es biasanya dapat berasal dari sistem awan Cumulonimbus (Cb) besar dengan kondisi labilitas udara yang signifikan, sehingga dapat membentuk endapan yang berwujud es padat dengan ukuran yang cukup besar.

Hujan es tersebut memiliki diameter sekitar 10 cm dengan kecepatan jatuh yang mencapai mencapai 70-115km/jam.

Baca Juga: Peringati Hari Raya Nyepi, Bali Perketat Pengamanan Daerah Wisata dan Sementara Tutup Akses ATM Pada 13 Maret

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x