Habiskan Anggaran Sekitar Rp320 Miliar, Kolam Regulasi Nipa-nipa Hari ini Diresmikan Langsung oleh Jokowi

- 18 Maret 2021, 18:52 WIB
Foto Jokowi saat memutar roda pintu air/Antara
Foto Jokowi saat memutar roda pintu air/Antara // Achmad Fauzi/
KABAR BESUKI - Fasilitas pengolahan atau biasa disebut pengaturan air di Sulawesi Selatan hari ini dinyatakan resmi oleh Jokowi.
 
Jokowi mendatangi langsung lokasi kolam regulasi Nipa-nipa yang fungsi utamanya sebagai pengatur air terutama banjir dan genangan air di kota Makassar pada Kamis, 18 Maret 2021.

"Alhamdulillah hari ini kita resmikan, kita operasikan, karena telah selesai dibangun selama lima tahun, yaitu Kolam Regulasi Nipa-nipa," Kata Jokowi dalam sambutan di acara peresmian tersebut.
 
Dikutip Kabar Besuki dari laman Antara bahwa acara tersebut juga disaksikan secara virtual dari Jakarta.

"Jadi lokasi kolam regulasi ada di tiga wilayah. Di Maros, di Makassar sedikit, kemudian di Gowa juga sedikit. Tapi fungsinya banyak di Kota Makassar," Kata Jokowi.

Menghabiskan anggaran sekitar Rp320 miliar, pembangunan Kolam Regulasi Nipa-nipa memiliki volume tampung sebesar 2,7 juta meter kubik air, dan memiliki luar kolam regulasi yang mencakup 83 hektare.
 
"Sehingga ini bisa mengurangi banjir dari sebelumnya, kurang lebih 45 persen. Sangat berfungsi sekali, meskipun nanti ada kolan regulasi lain, utamanya di DAS Tallo, sehingga nanti kota Makassar kita harapkan bisa bebas dari genangan, dari banjir, bebas dari air yang meluap dari DAS Tallo," imbuhnya.

Diharapkan bisa mendukung kemajuan Sulsel, Jokowi mengharap Kolam Regulasi Nipa-nipa ini bisa dimanfaatkan dengan baik.
 
"Banyak yang memanng harus kita selesaikan, seperti tadi kata Gubernur sampaikan, Makassar Newport itu sangat penting sekali, itu akan menjadi hub Indonesia bagian timur," ungkapnya.
Baca Juga: Pasal Pencemaran Nama Baik Tergolong Meresahkan, Wamenkumham: Tidak Dipungkiri Pasal Ini Menimbulkan Keresahan

Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN nantinya akan didorong langsung oleh Jokowi agar segera bisa merealisasikan Makassar Newport tersebut.

"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, Kolam Regulasi Nipa-nipa hari ini saya resmikan," tegasnya.

Pemutaran roda pintu air dan penandatangan prasasti menjadi simbol peresmian acara tersebut.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x