Tarif GeNose Covid-19 Naik per 20 Maret di Stasiun Daop 8 Surabaya

- 18 Maret 2021, 20:15 WIB
Tarif GeNose Covid-19 Naik per 20 Maret di Stasiun Daop 8 Surabaya
Tarif GeNose Covid-19 Naik per 20 Maret di Stasiun Daop 8 Surabaya /DOK PT KAI
KABAR BESUKI - Tarif pemeriksaan GeNose C19 atau alat pendeteksi cepat Covid-19 di Stasiun wilayah PT. KAI Daop 8 Surabaya naik menjadi Rp30 ribu. Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
 
Dilansir Kabar Besuki dari laman Antara, tarif pemeriksaan GeNose C19 tersebut mulai naik Sabtu 20 Maret 2021.
 
"Mulai 20 Maret 2021 tarif pemeriksaan GeNose C19 adalah Rp30 ribu, dan kami akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan secara bertahap menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19," kata Luqman Arif Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Kamis, 18 Maret 2021
 
Tarif sebesar Rp20 ribu lalu itu merupakan tarif khusus atau pre launching. Pemeriksaan GeNose C19 ini nantinya akan terhubung dengan ticketing system KAI, sehingga hasil pemeriksaan GeNose C19 akan otomatis muncul pada layar boarding petugas.
 
Menurut Luqman, bahwa fitur tersebut sedang dalam tahap finalisasi.
 
Terlepas dari hal tersebut, GeNose C19 ini merupakan inovasi pertama Indonesia sebagai pendeteksi Covid-19 melalui hembusan nafas yang aplikasinya dihubungkan dengan sistem cloud computing untuk mendapatkan hasil diagnosis secara tepat dan akurat saat itu juga.
 
GeNose C19 juga mampu bekerja secara paralel melalui proses diagnosis yang tersentral di dalam sistem sehingga data dapat terjaga untuk semua alat yang terkoneksi.
 
Luqman kembali menjelaskan, mulai 20 Maret 2021 KAI Daop 8 Surabaya juga akan menambah pelayanan GeNose C19 di Stasiun Sidoarjo.
 
"Jadi saat ini pelayanan GeNose C19 di wilayah Daop 8 Surabaya terdapat di empat stasiun yaitu, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang dan Sidoarjo," ujar Luqman.
 
Dari data KAI, per 20 Maret 2021, total ada 23 stasiun yang menyediakan pelayanan pemeriksaan GeNose C19.
 
Adapun stasiun tersebut adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Bandung, Kiara Condong, Cirebon, Cirebon Perujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Kutoarjo, Purwokerto, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Madiun, Jombang, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Stasiun Sidoarjo, Jember dan Ketapang Banyuwangi.
 
Jika ingin melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking kereta api jarak jauh yang sudah terbayar lunas.
 
Selain itu, syarat lainnya calon penumpang tidak diperbolehkan merokok, makan, minum terkecuali air putih, selama 30 menit sebelum melakukan tes tersebut.
 
Menurut Luqman, KAI terus menambahkan layanan GeNose C19 secara bertahap sebagai dukungan kebijakan pemerintah terkait pesyaratan untuk naik kereta api jarak jauh. Hal itu tetuang pada SE Satgas Covid-19 No.7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No.20 Tahun 2021.
 
KAI berkomitmen para penumpang bisa menikmati perjalanan naik kereta api yang sehat, aman dan nyaman di masa pandemi.
 
KAI juga mengimbau untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk mewujudkan perjalanan transportasi kereta api yang nyaman dan sehat.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x