Awas Jangan Percaya, Ternyata Deretan Makanan Sehat Ini Hanyalah Mitos! Benarkah?

- 19 Maret 2021, 09:14 WIB
Ilustrasi Makanan Sehat.
Ilustrasi Makanan Sehat. /pixabay.com/silviarita

KABAR BESUKI - Saat ini banyak sekali informasi tentang makan sehat yang bisa Anda temukan di Internet. Namun, di antara berbagai informasi tersebut, beberapa di antaranya hanyalah mitos belaka.

Ahli gizi dan pendiri Vita-Sol, Fiona Tuck mengungkap beberapa mitos seputar makan dan makan yang sehat. Disini akan disebutkan, berikut sembilan mitos tersebut.

  1. Makanan bebas gluten selalu lebih sehat

Makanan bebas gluten lebih baik untuk orang dengan penyakit celiac atau intoleransi gluten. Namun, orang yang tidak memiliki masalah ini sebenarnya tidak perlu makan makanan bebas gluten.

Hanya makan makanan bebas gluten tidak baik untuk orang tanpa penyakit celiac. Pasalnya, makanan tersebut rendah serat.

Baca Juga: MU Patahkan Prediksi, San Siro Tidak 'Angker' Lagi, The Reds Devil Menang tipis

Saat memilih roti, misalnya, roti bebas gluten merupakan pilihan yang lebih sehat bagi penderita penyakit celiac. Namun, bagi orang tanpa penyakit celiac, roti gandum merupakan pilihan yang lebih sehat karena tinggi nutrisi dan serat.

  1. Jus dan smoothie sarapan paling sehat

Jus dan smoothie bukanlah pilihan yang sehat untuk sarapan. Kalaupun dibuat sendiri, jus atau smoothie buah umumnya tinggi gula karena membuat smoothie atau jus tidak cukup hanya dengan satu buah.

Sebaliknya, jus atau smoothie yang dijual bebas biasanya mengandung tambahan gula. Jika Anda memang ingin memiliki jus atau smoothie, lebih baik menggunakan sayuran sebagai bahan dasar daripada buah manis.

Namun, jenis sayuran tertentu seperti bit dan wortel juga diketahui mengandung lebih banyak gula dibandingkan sayuran lainnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Mamamia


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x