Tri Rismaharini Sebut Kemensos Sangat Butuh Profesi Psikolog Demi Mendukung Keberdayaan Sosial

- 22 Maret 2021, 18:24 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini,
Menteri Sosial Tri Rismaharini, /Galang Garda S/Sumber: Pikiran Rakyat

KABAR BESUKI – Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya membutuhkan profesi psikologi untuk mendukung keberdayaan sosial, yang mana pekerjaan sosial tersebut bersentuhan langsung dengan manusia.

“Profesi psikologi bantu mengembalikan kepercayaan diri, keberdayaan sosial, mengembangkan kemampuan agar bisa menjalankan tugas sesuai usia perkembangannya,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI di Jakarta, pada Senin, 22 Maret 2021.

Risma menjelaskan keterlibatan psikolog di Kementerian Sosial (Kemensos) khususnya terkait layanan di Direktorat Jenderal Rehabilitas Sosial yang bersifat langsung maupun tidak, yaitu meliputi asesmen komprehensif kondisi klien.

Baca Juga: Good News! Kakak J-Hope BTS, Jung Jiwoo Gabung di Cube Entertaiment

Baca Juga: Inginkan Putranya untuk Masuk Islam, Tapi Deddy Corbuzier Belajar dari Masa Lalunya yang Tidak Ada Paksaan

Baca Juga: Polisi Gagalkan Pengiriman Sabu Seberat 1.8 Kilogram di Pelabuhan Tanjung Priok

Layanan tersebut meliputi pemberian dukungan emosional, mental dan spiritual, serta pemberian terapi guna mengoptimalkan keberfungsian sosial penerima layanan.

Terapi yang diberikan berupa terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, pelatihan vokasional dan kewirausahaan, serta layanan rehabilitasi sosial lainnya yang melibatkan profesi dari disiplin ilmu lainnya.

Sejumlah kegiatan Kementerian Sosial yang perlu melibatkan psikolog, di antaranya dalam proses rehabilitasi sosial untuk semua klaster bagi ahli psikologi pendidikan dan psikologi klinis.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x