Jangan Dibuang! Minyak Goreng Bekas Ternyata Miliki Manfaat Lain untuk Keperluan Rumah Tangga

- 25 Maret 2021, 10:05 WIB
Ilustrasi minyak goreng.
Ilustrasi minyak goreng. /Pixabay/Congerdesign

KABAR BESUKI – Pemakaian minyak memang tidak dianjurkan untuk dipakai berkali-kali. Hal ini karena, pemakaian minyak bekas seringkali dianggap tidak sehat. Minyak bekas juga mengandung senyawa berbahaya jika dipakai berkali-kali.

Namun, jika dibuang begitu saja, limbah dari minyak bekas juga dapat mencemari lingkungna, terutama tanah yang dilaluinya.

Pencemaran tanah akibat minyak bekas ini juga akan menyebabkan pori-pori tanah tertutup dan tanah menjadi keras sehingga tidak mampu lagi mendukuung aktivitas manusia.

Untuk menghindari hal tersebut, Minyak goreng bekas ini ternyata bisa didaur ulang untuk keperluan rumah tangga. Hal ini bisa bermanfaat dan membuat minyak goreng bekas tidak terbuang sia-sia dan mencemari lingkungan.

 Baca Juga: Menkes dan IDI Masih Belum Bisa Pastikan Vaksin Bisa dan Aman Digunakan untuk Anak-Anak

Dilansir Kabar Besuki dari Mahoneyes, berikut beberapa manfaat minyak goreng bekas yang bisa diolah kembali untuk keperluan rumah tangga.

  1. Pelumas untuk Peralatan Rumah Tangga

Minyak goreng bekas adalah pelumas efektif yang dapat digunakan untuk banyak hal di sekitar rumah, seperti untuk pelumas engsel yang berdecit hingga kunci pintu. Minyak goreng bekas juga dapat membantu mencegah karat pada permukaan logam dan peralatan rumah tangga.

  1. Pelindung Furnitur

Minyak goreng bekas juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi furnitur dengan cara mengoleskan minyak pada furniture yang sudah kusam atau rawan retak. Penggunaan minyak bekas ini bisa mengembalikan tampilan furnitur.

 Baca Juga: 'INFORMASI PENTING', Tanpa Tes Surat Pengangkatan Seluruh Pegawai Honorer Jadi PNS [Cek Fakta]

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x