Sempat Viral dengan Videonya 'Odading Mang Oleh' Kini Kondisi Ade Londok Dikabarkan sedang Kritis

- 27 Maret 2021, 12:39 WIB
Foto: Ade Londok terbaring lemas di rumah sakit./Tangkapan layar
Foto: Ade Londok terbaring lemas di rumah sakit./Tangkapan layar /dicky s//YouTube/Ade Londok Official

KABAR BESUKI - Sempat viral di tahun 2020 di media sosial Instagram dan Twitter, video 'Odading Mang Oleh' yang di unggah pria yang bernama Ade Londok. Membuat Odading jajanan berupa kue yang manis menjadi terkenal.

Odading adalah roti goreng dari Bandung berbentuk kotak menggelembung. Roti goreng ini menjadi viral beberapa waktu belakangan. Berawal dari video seorang penjual odading yang menjajakan roti gorengnya dengan cara tak biasa.
 
Odading Mang Oleh sendiri dijual di gerobak PKL di Jalan Baranang Siang di sekitar Gedung Rumentang Siang, Kota Bandung.
 
 
 
 
Odading Mang Oleh yang bernama resmi Mang Sholeh ini sudah menjadi jajanan khas yang bisa didapat di sekitar Pasar Kosambi, dan jajanan ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu.
 
Video itu berhasil menyita perhatian jagat maya lantaran cara si pria saat mempromosikan bernada ngegas dan terkesan marah. Namun, video itu juga membuat warung odading Mang Sholeh jadi laris disambangi pembeli.

Odading dikenal sebagai jajanan tradisional khas Bandung, Jawa Barat. Jajanan tersebut berupa adonan roti yang digoreng, maka tak heran ada orang yang menyebut odading dengan sebutan roti goreng.

Odading memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang empuk. Paling enak disantap bersama dengan kopi atau teh. Selain disebut roti goreng, odading juga memiliki nama sebutan lainnya, yaitu roti bantal.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, nama odading diambil dari kisah sebuah keluarga Belanda yang tinggal di Indonesia.

Baca Juga: Jadi 10 Besar Negara Vaksinasi Terbanyak di Dunia, Jubir Pemerintah Katakan Penting untuk Berterima Kasih

Baca Juga: Kisah Inspiratif! Meski Telah Memasuki Usia Lanjut Pria Asal Betawi Ini Masih Terampil Adu Pencak Silat

Saat itu, anak dari keluarga Belanda tersebut meminta ibunya untuk membelikan jajanan yang dijual oleh warga sekitar. Karena tidak tahu nama jajanan yang dimaksud, anak itu hanya menunjuk-nunjuk ke penjualnya.

Lantas, si ibu berkata dalam bahasa Belanda ‘O, dat ding’ yang artinya ‘O yang itu’. Sejak saat itulah kue goreng tersebut diberi nama odading, karena pada saat itu masyarakat sekitar juga tidak memberinya nama khusus pada jajanan tersebut.

Banyak orang yang mengenal odading sebagai jajanan masa Sekolah Dasar (SD) pada tahun 90-an. Saat itu banyak penjual yang menjajakan odading di sekolah-sekolah. Saat istirahat maupun pulang sekolah, siswa-siswa pasti tak ketinggalan untuk membelinya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: YouTube


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x