Larangan Mudik Kembali Disuarakan, Anggota Komisi V DPR RI: Pemerintah Harus Membuat Regulasi yang Jelas

- 27 Maret 2021, 12:45 WIB
Ilustrasi Mudik
Ilustrasi Mudik /ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

KABAR BESUKI - Pernyataan larangan mudik kian ramai diperbincangkan. Suara datang dari Anggota Komisi V DPR RI, Lasmi Indaryani, bahwa hal tersebut perlu adanya implementasi tegas untuk larangan mudik libur lebaran Idul Fitri 2021.

Dalam rangka penanganan dan untuk mencegah merabaknya COVID-19, Lasmi mempertegas kesungguhan pemerintah untuk dengan benar  mengatasi adanya dampak COVID-19 nantinya.

"Saya apresiasi keputusan pemerintah yang melarang mudik lebaran. Karena dengan keputusan tersebut, minimal kita kita bisa menghambat rantai penyebaran virus Corona," ungkap Lasmi, di Jakarta, dikutip dari situs Antara pada Kamis, 27 Maret 2021.

Baca Juga: Inilah Lirik Lagu LMLY, Lagu dalam Proyek Solo Terbaru dari Jackson Wang

Baca Juga: Sempat Viral dengan Videonya 'Odading Mang Oleh' Kini Kondisi Ade Londok Dikabarkan sedang Kritis

Baca Juga: Yuk Intip Profil Memes Prameswari, Pesinden yang Saat Ini Dikabarkan Tengah Dekat dengan Billy Syahputra

Lasmi memberikan pernyataan tegas perihal implementasi larangan mudik tersebut setelah adanya keputusan pemerintah, yang disampaikan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Lasmi mewanti-wanti agar larangan mudik lebaran Idul Fitri ini agar tidak seperti saat larangan mudik Idul Fitri di 2020.

"Agar masyarakat patuh, maka pemerintah harus membuat regulasi yang jelas dan menerapkan-nya secara tegas dan konsisten," kata Lasmi.

Perihal larangan mudik tersebut, Lasmi juga menghimbau terhadap para jajaran orang-orang yang ada di dalam pemerintahan.  Pihaknya mengatakan bahwa semua elemen harus sejalan dan memiliki garis yang sama dalam menjalankan kebijakan, tanpa adanya yang namanya keputusan yang berbeda.

"Semua jajaran juga harus satu bahasa dan tindakan," ungkap Lasmi.

Dengan adanya larangan mudik tersebut, Lasmi juga meminta agar dilakukan secara tegas. Lebih-lebih teruntuk semua moda transportasi, baik itu kapal, pesawat, dan kereta api. Demi mencapai tujuan larangan mudik untuk mencegah terjadinya potensi penularan virus yang pada saat masa lebaran.

Baca Juga: Mudik Lebaran Dilarang, Anggota DPR Lasmi Indaryani: Pemerintah Harus Buat Regulasi yang Jelas

Baca Juga: Meskipun Sederhana, Telur Mata Sapi Juga Mengandung Banyak Vitamin, Sepeti ini Resep dan Cara Masak Telur Mat

"Jadi menurut saya, kunci keberhasilan larangan mudik adalah regulasi yang jelas dan tegas serta penerapan di lapangan yang konsisten dan adil," imbuh Lasmi.

Sebelumnya, Menko PMK dan Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 Muhadjir Effendy memutuskan untuk meniadakan kegiatan mudik Lebaran 2021.

Tingginya kasus COVID-19 dan angka kematian akibat virus tersebut, membuat keputusan itu akan diterapkan.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x