Jika Anda Minum Obat dengan Cara Seperti Ini akan Membantu Obat Tersebut Bekerja Lebih Cepat

- 30 Maret 2021, 10:05 WIB
Illustrasi obat-obatan
Illustrasi obat-obatan /Unsplash/freestocks/

KABAR BESUKI - Saat merasa tidak enak badan karena pilek, Anda mungkin akan merasa kesal apabila obat tersebut tidak dapat bekerja dengan cukup cepat.

Untungnya, satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmaceutical Research mengatakan ada cara sederhana untuk meredakan gejala pilek secara cepat dengan membantu tubuh Anda menyerap obat lebih cepat.

Tim peneliti studi yang secara khusus melihat bagaimana parasetamol (juga dikenal sebagai asetaminofen) diserap dalam format yang berbeda, menemukan bahwa meminum obat Anda dalam bentuk minuman panas daripada menelan tablet tradisional membuat penyerapan ‘secara signifikan lebih cepat dan lebih besar’ dalam 60 menit pertama pasca-dosis.

Baca Juga: Api yang Melahap Kilang Minyak Pertamina di Indramayu Belum Padam Hingga Selasa Pagi

Baca Juga: Catat! Ini Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta untuk Hari Ini

Baca Juga: Alsintan Akan Segera Diberikan Kepada Petani Bangkalan, Puguh Santoso: Untuk Tingkatkan Hasil Tani

Untuk mengumpulkan data mereka, para peneliti meminta 25 relawan pria sehat untuk minum obat baik secara tradisional maupun dalam minuman hangat.

Tim menjelaskan bahwa tubuh menyerap obat lebih cepat melalui minuman panas atau hangat karena memungkinkan pengosongan lambung lebih cepat.

“Penyerapan parasetamol dari perut dapat diabaikan tetapi cepat dan signifikan dari usus kecil, membuat pengosongan lambung yang cepat sebagai pendekatan kunci untuk mengurangi penundaan antara konsumsi obat dan permulaan pengendalian gejala,” para peneliti menjelaskan.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x