SIL Universitas Indonesia Luncurkan Aplikasi Data Informasi Banjir Bertajuk ‘Lapor Banjir Depok’

- 30 Maret 2021, 10:52 WIB
Foto: Ilustrasi banjir
Foto: Ilustrasi banjir /Gisela R//PMJ News/Dok Net

KABAR BESUKI - Sebuah terobosan baru dilakukan oleh Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia (UI) yang mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android  bernama ‘Lapor Banjir Depok’.

Aplikasi ini mampu mengolah data dan informasi terkait bencana banjir dalam bentuk data spasial kewilayahan.

SIL UI melakukan pengembangan ini bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok. Nantinya dengan adanya pengembangan aplikasi ini, diharapkan bisa menjalin kolaborasi yang lebih luas dengan akademisi guna meningkatkan partisipasi warga, serta membentuk ketahanan kota yang berbasis masyarakat cerdas.

Baca Juga: Peringati Hari Film Nasional, Inilah Sederet Film Indonesia yang Sukses Tayang di Luar Negeri

Baca Juga: Anggota DPR Minta Kapolri Usut Kekerasan Terhadap Jurnalis Tempo, Wakil Ketua LPSK Siap Berikan Perlindungan

Baca Juga: Kemenhub Susun Aturan Terkait Pengendalian Transportasi di Masa Mudik Lebaran 2021

"Rancangan aplikasi ini mewadahi sinergitas pentahelix pada hubungan pemerintah, masyarakat, akademisi, bisnis hingga media." ujar Hayati Sari Hasibuan selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Lingkungan sekaligus dosen pengusung aplikasi.

Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore dan menyediakan informasi mengenai banjir perkotaan dimana masyarakat juga bisa mendapat informasi cuaca dari waktu ke waktu, memberi laporan kejadian banjir yang terjadi di sekitarnya, serta menu respon darurat pada nomor-nomor telepon penting di Kota Depok.

Herni selaku perwakilan BAPPEDA Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kota Depok menjelaskan bahwa aplikasi ini akan sangat membantu para SDA PUPR, Dinas Damkar dan Penyelamatan dalam informasi terkait banjir daerah.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x