Menurut Sains, Ketika Seseorang Makan Popcorn Menyebabkan Efek Positif Ini Bagi Tubuh

- 1 April 2021, 21:27 WIB
ILUSTRASI Popcorn,*
ILUSTRASI Popcorn,* /Choirun N//PIXABAY

KABAR BESUKI – Popcorn merupakan salah satu camilan yang digemari karena rasanya yang lezat. Tak jarang popcorn dimakan saat menonton di bioskop atau hanya sekedar menonton di rumah bersama keluarga.

Disamping rasanya yang beragam, popcorn juga mempunyai efek yang mengejutkan bagi tubuh, karena mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Lalu bagaimana hal ini terjadi?

Dilansir dari Eatthis, Trista Bets seorang ahli diet mengatakan, "Popcorn adalah biji-bijian utuh, dan karenanya merupakan sumber serat dan polifenol yang sangat baik. Serat yang terdapat dalam popcorn membantu mengeluarkan kolesterol dari tubuh, sehingga mengurangi zat yang dapat berbahaya bagi kesehatan jantung ini”.

Baca Juga: Awas! Ternyata Minuman Es Berbahaya Bagi Jantung, ‘Musuh Jantung adalah Air Es’ Ini Faktanya

"Polifenol adalah senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Saat kita mengkonsumsinya melalui sumber makanan utuh, kita membantu tubuh kita dalam membersihkan diri dari radikal bebas dan racun yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan akhirnya penyakit kronis," tambahnya.

Faktanya, menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition, Metabolism, & Cardiovascular Diseases, di antara kelompok yang terdiri dari 7.172 orang dewasa, mereka yang pola makannya memiliki tingkat polifenol tertinggi memiliki risiko penyakit kardiovaskular 46 persen lebih rendah.

Menurut penelitian yang dipresentasikan pada 243rd National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS) pada tahun 2012, para peneliti dari University of Scranton menemukan bahwa satu porsi popcorn tidak hanya mengandung lebih dari 70 persen RDA dari biji-bijian, tetapi juga mengemas lebih banyak polifenol per porsi daripada jagung segar atau buah apa pun yang dibandingkan dengan camilan.

Baca Juga: Vaksin Pfizer Diklaim 91 Persen Efektif untuk Menangkal COVID-19 Jenis Varian dari Afrika Selatan

Baca Juga: Ternyata! Senjata Ini yang Digunakan Terduga Teroris yang Menyerang Mabes Polri

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: eatthis


Tags

Terkini

x