BMKG Himbau Masyarakat Waspada Gelombang Samudra Hindia Capai 6 meter, Wilayah Ini yang Harus Hati-hati

- 4 April 2021, 15:24 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi
Ilustrasi gelombang tinggi /Pixabay/

KABAR BESUKI-Masyarakat di wilayah pesisir Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Barat diminta waspada.

Menurut analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah, Rendi Krisnawan, tingginyq gelombang di Samudra Hindia selatan diprakirakan mencapai kisaran 4-6 meter atau masuk kategori sangat tinggi.

"Selain di Samudra Hindia selatan Jabar-DIY, gelombang sangat tinggi juga berpotensi terjadi di Jawa Barat, yakni perairan selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran," kata Rendi di Cilacap, Jateng, yang dilansir pada Minggu, 4 April 2021.

Baca Juga: Koper Misterius Diduga Bom Ditemukan di Bengkulu, Kepolisian Minta Masyarakat Agar Tetap Tenang

Sementara itu, kata dia, tinggi gelombang di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta diprakirakan mencapai kisaran 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

Menurut dia, potensi terjadinya gelombang tinggi hingga sangat tinggi tersebut dipicu oleh munculnya tiga pusat tekanan rendah, yakni 1.004 hPa di Samudra Hindia barat Lampung, 1.000 hPa di Perairan Rote-Kupang, NTT, dan 1.007 hPa di Laut Arafuru.

Selain itu, lanjut dia, angin di belahan bumi selatan bertiup dengan kecepatan berkisar 5-35 knot dari barat daya-barat laut.

Baca Juga: Perusahaan Manufaktur Penerbangan Korea Selatan Berambisi Kembangkan Teknologi Pesawat Aircraft Terbaik Dunia

"Oleh karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga tanggal 5 April 2021 dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," kata Rendi.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x