BPS Sumbar Himbau Masyarakat Agar Tak Serahkan Data Pribadi Sembarangan Melalui HP, Karena Ini Modus Penipuan

- 6 April 2021, 07:56 WIB
Foto: Ilustrasi Penipuan
Foto: Ilustrasi Penipuan /Gisela R//Pixabay/methodshop

KABAR BESUKI – Maraknya penipuan yang mengatasnamakan Badan Pusat Statistik (BPS) membuat BPS Solok Selatan, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat mewaspadai orang yang tidak bertanggung jawab meminta data melalui telepon seluler.

"Sudah ada dua kali kejadian oknum yang mengatasnamakan BPS meminta data kepada penyuluh pertanian dan bahasanya juga tidak sopan sehingga masyarakat diimbau waspada dan tidak percaya kalau tidak ada surat tugasnya," kata Kepala BPS Solok Selatan, Abdul Razi, di Padang Aro, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 5 April 2021.

Hingga saat ini, masih belum diketahui modus dari oknum tersebut dan juga belum ada laporan kerugian yang di alami masyarakat.

Baca Juga: Terapi Bermain Pasir dapat Membantu Mengurangi Trauma Psikologis Bagi Anak-Anak Hingga Dewasa

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Ternyata Tertawa dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Khususnya Paruh Baya

Abdul mengatakan bahwa setiap petugas survei BPS dilengkapi dengan surat tugas serta atribut lainnya dan kalau masih meragukan bisa langsung datang ke kantor BPS.

Ia juga menambahkan bahwa setiap petugas dari BPS yang akan melakukan survei atau sensus pasti melaporkan diri kepada perangkat desa minimal kepala jorong.

"Intinya masyarakat jangan menanggapi permintaan data yang mengatasnamakan BPS apabila yang meminta tidak jelas identitasnya," ujarnya.

Untuk saat ini, Ia berharap agar masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan dan setiap petugas BPS yang dilengkapi dengan surat tugas serta atribut lain karena setiap data yang dihasilkan oleh BPS bermanfaat untuk pembangunan serta peningkatan ekonomi oleh pemerintah.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x