Menurut Penelitian: Beginilah Cara Terbaik untuk Berkomunikasi dengan Kucing

- 9 April 2021, 09:04 WIB
Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing /PIXABAY/K L

KABAR BESUKI - Kucing seringkali disebut sebagai hewan yang cuek dan tidak acuh, berbeda seperti anjing yang lebih ramah dan penyayang kepada majikannya.

Beberapa pemilik peliharaan kucing pasti sering merasakan jika peliharaannya sulit sekali untuk diajak bermain. Bukan berarti mereka membencimu, tetapi kucing rupanya memiliki metodenya sendiri untuk menunjukkan jika mereka juga menyayangi pemiliknya.

Penelitian dilakukan oleh sekelompok pakar psikologi dari dari Universitas Sussex di Inggris, untuk mempelajari bagaimana cara kucing peliharaan berkomunikasi dengan majikannya.

Penelitian ini menunjukkan jika kucing seringkali menutup hampir sebagian besar matanya, dan disertai kedipan mata dengan sangat perlahan. Mereka berasumsi jika inilah cara kucing untuk menyatakan jika mereka senangĀ  dengan kehadiran seseorang.

Baca Juga: 7 Sifat Spesial Biasa Dimiliki Orang yang Suka Menyendiri, Salah Satunya Empati Tinggi

Ekspresi kucing yang seperti tadi dianggap sebagai cara kucing 'tersenyum' seperti yang dilakukan manusia ketika sedang merasa senang dan aman, seperti dilansir Kabar Besuki dari Science Alert.

Dan ternyata penelitian ini juga menunjukkan jika manusia juga dapat membalas senyuman kucing mereka dengan cara yang sama agar lebih dimengerti oleh seekor kucing.

Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen terhadap 21 kucing dari 14 rumah berbeda. Pemilik kucing akan disuruh untuk berkedip dengan sangat perlahan ketika kucingnya sedang memperhatikan mereka.

Hasilnya, semua kucing-kucing itu juga membalas kedipan perlahan mata majikannya, dan bertingkah lebih bebas di dekat majikannya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Science Alert


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X