Desa Unik Albino, Ini Daerah dengan Tingkat Albinisme Tertinggi di Indonesia

- 19 April 2021, 11:22 WIB
Mara dan Lara manusia Albino
Mara dan Lara manusia Albino /Instagram/ @lara_mara_sheila

KABAR BESUKI - Desa Ciburuy yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mungkin menjadi salah satu desa dengan tingkat albinisme tertinggi di Indonesia. Tidak ada yang tahu mengapa hal itu terjadi.

 
Dikutip Kabar Besuki dari seputar.netizen, salah satu warga Nana Suryana sadar bahwa leluhurnya ada yang mengalami kondisi albino. Salah satu kakek buyutnya adalah "orang kulit putih". Mereka telah tinggal di desa itu selama ratusan tahun.

Hal yang tidak disadarinya yaitu ketika dia menikahi Siti Rohma, sang istri ternyata juga seorang pembawa gen albinisme.

Ketika anak mereka Dewi Rasmana dilahirkan dengan rambut dan kulit putih serta mata biru pucat mereka awalnya menduga hal ini berasal dari gen ayahnya.

Baca Juga: Kabar Duka, Pendiri Adobe dan PDF Charles Geschke Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun

Konon katanya ratusan tahun lalu, seorang pria kulit putih datang ke Desa Ciburuy dan menyentuh perut wanita hamil. Lantas anaknya lahir menjadi albino. Sejak itulah gen albino diturunkan dari generasi ke generasi.

Seorang anak albino hanya bisa lahir dari dua orang tua yang membawa gen tersebut. Jika suami dan istri mempunyai gen itu, ada peluang 1:4 untuk mempunyai anak yang albino.

Karena lokasi desanya agak terpencil, pernikahan sesama warga Ciburuy cukup sering terjadi. Karena itulah banyak penduduknya yang mempunyai gen albino.

Baca Juga: Terkait Mudik Lebaran, Kemenhub Akan Terbitkan SE Pedoman Petunjuk Pelaksanaan Teknis di Lapangan

Orang-orang albino di Desa Ciburuy disebut Walanda Sunda, artinya orang Sunda berkulit putih. Mereka memang tampak mencolok di antara penduduk lainnya yang berkulit kuning langsat dan coklat sawo matang.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Terkini

x