Keren! Akses Sepeda Non Lipat Terus Diperbaiki oleh MRT Jakarta

- 20 April 2021, 11:56 WIB
Ilustrasi suasana di dalam MRT/Islandwork/pixabay.com
Ilustrasi suasana di dalam MRT/Islandwork/pixabay.com //Achmad Fauzi/

KABAR BESUKI - PT MRT Jakarta (Perseroda) saat ini dikabarkan terus berusaha melakukan perbaikan akses sepeda non lipat, hal itu merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap mobilitas masyarakat pengguna sepeda.

"Setelah akses sepeda non lipat di lingkungan stasiun dan ratangga dicanangkan pada 24 Maret lalu, antuasiasme masyarakat menggunakan fasilitas tersebut sangat tinggi," kata Plt. Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo di Jakarta pada Selasa 20 April 2021 dilansir dari situs Antara.

Berbagai saran menyasar pada MRT Jakarta. Masukan tersebut datang dari sejumlah komunitas di antaranya ITDP Indonesia, Bike 2 Work Indonesia, serta pelibatan publik.

Baca Juga: Bedasarkan Astrologi, 5 Zodiak Ini Miliki Rasa Percaya Diri Tinggi dan Anti Insecure

Sejak pencanangan akses jalur sepeda non-lipat, MRT Jakarta sudah melakukan beberapa perbaikan akses jalur sepeda non-lipat yaitu penggunaan material karpet "coil plastic" pada tangga landai (ramp) guna menjaga permukaan tidak licin.

Bukan hanya itu, tangga landai juga telah dilakukan reposisi dan modifikasi agar pedal sepeda tidak tersangkut.

MRT Jakarta juga melakukan penambahan rak sepeda (bike rack) menjadi 20 unit di tiga stasiun yakni di Stasiun Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.

Baca Juga: Penting! Inilah 5 Rangkaian Produk Skincare yang Wajib Dimiliki Para Pemula

Selanjutnya, "volunteer" (relawan) juga ikut dilibatkan untuk membantu dan mengarahkan penumpang bersepeda.

Ahmad menjelaskan akses sepeda non lipat yang disediakan MRT Jakarta terdapat di tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.

Berbagai fasilitas penunjang juga disediakan seperti fasilitas parkir sementara di sejumlah titik seperti sekitar mesin penjual tiket (ticket vending machine), toilet, dan musala.

"MRT Jakarta juga menyediakan jalur sepeda yang terletak pada tangga stasiun dan sticker tanda pada stasiun dan kereta," kata dia.

Baca Juga: Warga Jadetabek Harap Merapat, Samsat SIM Keliling Hari Ini Tersedia di 14 Titik Lokasi

Baca Juga: Update Harga Emas Terbaru 20 April 2021, Emas Antam Alami Kenaikan dan UBS Turun

Untuk menjaga kenyamanan seluruh pengguna MRT Jakarta, pengguna sepeda non lipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk (07.00—09.00 WIB dan 17.00—19.00 WIB), menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x