Hiu Paus Berbobot 2 Ton Terdampar Mati Kehabisan Oksigen di Pantai Bayeman Tulungagung, Akhirnya Dikubur

- 24 April 2021, 12:36 WIB
Ilustrasi Hiu paus berenang di lautan
Ilustrasi Hiu paus berenang di lautan /Aini/Pixabay/toshiyuki tajima

KABAR BESUKI - Ikan hiu paus (Rhincodon typus) yang terdampar di Pantai Bayeman, Tulungagung, Jawa Timur sejak Kamis, 22 April 2021 sore karena terjerat jaring pukat nelayan akhirnya mati kehabisan oksigen.

"Upaya nelayan dan petugas mendorong ikan besar berukuran panjang 7,4 meter dan lingkar badan 2 meter itu gagal karena berat tubuh ikan yang diperkirakan mencapai dua ton lebih," tutur Sukarji, salah satu nelayan yang menjadi saksi mata peristiwa terdamparnya ikan hiu paus itu, yang dikutip dari Antara, Sabtu, 24 April 2021.

Badan ikan yang sudah terjebak dalam kubangan pasir pantai sama sekali tidak bergerak meski jumlah relawan yang mencoba membantu mendorongnya ke arah laut semakin banyak.

Baca Juga: Update Terkini Pencarian KRI Nanggala-402, 72 Jam Waktu Habis, Kapal Dirancang untuk Tidak Terdeteksi

Upaya evakuasi dihentikan sekitar pukul 23.00 WIB dan ikan paus muda yang diperkirakan berusia 2-3 tahunan tersebut mati seiring air yang semula pasang kembali surut.

Menurut Kepala Pelabuhan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Imam Abdullah, hiu paus ini jenisnya ikan yang bernafas dengan insang. Jadi ikan ini harus berada dalam air untuk menjaga agar insangnya terendam.

Keberadaan hiu paus yang terdampar dan mati ini sempat menjadi tontonan warga yang penasaran ingin melihat. Evakuasi dilakukan pada Jumat siang setelah tim dati Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilayah Kerja Jawa Timur tiba untuk melakukan identifikasi.

Baca Juga: Mengerikan, Video Pertamina Tegal Gede Cikarang Terbakar? Ternyata Ini [Cek Fakta]

Sementara itu, hiu paus yang telah mati tersebut akan dikubur dengan cara dipendam pasir pantai setempat sedalam kurang lebih 1,5 meter, Jumat, 23 April 2021.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x