Berbagi Pengalaman Ketika Kapal Selam Mengalami Blakout, Danseskoal: Kapal Langsung Tersedot

- 29 April 2021, 12:34 WIB
Foto: Danseskoal bersama jajaran Petinggi TNI AL
Foto: Danseskoal bersama jajaran Petinggi TNI AL /Dicky S/Instagram/@defnaputra

KABAR BESUKI - Peristiwa blackout adalah hal yang paling menakutkan bagi prajurit yang sedang bertugas di dalam kapal selam.

Begitu dikatakan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto saat menceritakan pengalamannya menghadapi blackout di dalam kapal selam KRI Nanggala-402 dengan penuh emosional.

“Yang saya alami itu blackout jam 12 malam, pada saat blackout itu tidak ada tegangan, semua lampu mati, dan hanya lampu emergensi di dalamnya, posisinya adalah yang ada di depan ini (buritan) langsung turun, langsung wuut begini (jatuh ke belakang badan kapal), tidak sampai 10 detik itu,” ujar Laksamana Iwan kepada wartawan, Selasa, 27 April 2021.

Baca Juga: Sering Dijadikan Pelengkap Makanan, Berikut Manfaat yang Terkandung dalam Mentimun Ungkap Peneliti

“Sehingga semua bisa membayangkan, bagaimana posisi blackout saat itu, padahal kita periscope date,” imbuhnya.

Dilansir Kabar Besuki dari Chanel YouTube Mata Najwa, kemudian, Iwan yang saat itu bertugas sebagai komandan kapal selam, menyuruh awak kapal untuk merangkak ke bagian depan kapal.

Kondisi dalam kapal pun gelap dan menyisakan lampu darurat yang masih menyala. Iwan menuturkan, saat itu komandan kapal memerintahkan awak untuk bergerak menuju haluan kapal atau bagian depan kapal dengan merangkak karena kapal telah miring 45 derajat. 

Baca Juga: Memukul Kecoak Sebenarnya Tidak akan Membuatnya Mati, Sebaiknya Lakukan Hal Ini Saja!

"Jadi lorong itu kita merangkak, mohon maaf ini saya merinding semua karena saya pernah mengalaminya, merangkak megang itu pintu-pintu itu sampai ke depan," ujar Iwan. 

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: YouTube


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x