Studi Terbaru Menemukan: Jenis Golongan Darah yang Berdampak pada Infeksi COVID-19, Simak Ulasannya

- 30 April 2021, 16:32 WIB
Jenis golongan darah
Jenis golongan darah /Bayu/Pixabay/200degrees

KABAR BESUKI - Tidak ada hubungan antara golongan darah dan kerentanan atau tingkat keparahan COVID-19 penyakit, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association Network Open menunjukkan.

Temuan ini kontras dengan penelitian sebelumnya dari China, Spanyol, Italia, dan Denmark, yang menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah A lebih mungkin, dan orang dengan golongan darah O lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi atau menjadi sakit parah dengan COVID-19.

Para peneliti di Intermountain Healthcare, sistem kesehatan komprehensif dengan 24 rumah sakit dan 215 klinik di Utah, Nevada, dan Idaho, meninjau database lebih dari 107.000 orang dengan golongan darah terdokumentasi yang menerima tes COVID-19 antara 3 Maret dan 2 November 2020.

Baca Juga: Studi Menunjukkan: Kaitan Antara Merapikan Tempat Tidur di Pagi Hari dengan Kesehatan Mental

Dari 107.000 hasil tes pada pasien dengan golongan darah yang terdokumentasi, lebih dari 11.000 positif COVID-19, dan 2.000 di antaranya yang dites positif COVID-19 harus dirawat inap di rumah sakit.

Tiga puluh persen dari mereka yang dirawat di rumah sakit pada satu titik cukup sakit untuk menghabiskan waktu di unit perawatan intensif.

"Kami memastikan risiko yang lebih tinggi untuk pria, non-kulit putih, dan individu yang lebih tua," kata Jeffrey Anderson, MD, penulis studi dan peneliti utama. Dilansir Kabar Besuki dari laman Very Well Health.

Baca Juga: Menetralkan Tubuh Membuat Anda Lebih Segar dan Percaya Diri, Salah Satunya Fokus Terhadap Hal yang Disukai

Namun, di semua titik akhir, para peneliti tidak menemukan korelasi antara golongan darah dan penyakit COVID-19.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Very Well Health


Tags

Terkini

x