Belum Menyerah, TNI Tetap Upayakan Evakuasi KRI Nanggala 402 di Kedalaman 838 Meter

- 1 Mei 2021, 23:18 WIB
KRI Nanggala-402 ditemukan padakedalaman 838 meter di bawah permukaan laut.
KRI Nanggala-402 ditemukan padakedalaman 838 meter di bawah permukaan laut. /ANTARA

KABAR BESUKI - Mabes TNI masih belum menyerah dan terus mengupayakan evakuasi kapal selam KRI Nanggala 402 yang berada di dasar laut dengan kedalaman 838 meter di perairan laut utara Pulau Bali.

Evakuasi KRI Nanggala terus diupayakan dengan tetap menyiagakan kapal-kapal perang TNI AL, termasuk kapal luar negeri (Singapura) kapal penyelamat MV Swift Rescue di sekitar lokasi kejadian, hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

"Tetap kami upayakan evakuasi. Di sebelah kita masih ada kapal MV Swift Rescue dan juga ada KRI Rigel-933 serta kapal TNI AL lainnya yang masih tetap memantau posisi KRI Nanggala," ujar Laksamana TNI Yudo Margono usai melaksanakan tabur bunga dari atas KRI dr. Soeharso di perairan laut utara Pulau Bali, Jumat 30 April 2021.

Baca Juga: Sudah Setahun Beroperasi, Polisi Berhasil Grebek Gudang Ikan Kakap Berformalin Sebanyak 8,3 Ton di Palembang

Ia memastikan posisi kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam sejak 21 April 2021 tidak bergeser dari tempat semula ditemukannya kapal selam buatan Jerman tahun 1977 itu.

"Sampai saat ini (posisi kapal selam) tidak bergerak atau tetap. Kami juga sudah kerja sama dengan SKK Migas, kapalnya memiliki kemampuan mengangkat beban di kedalaman laut seribu meter," katanya.

Selain itu, lanjut Yudo, dari Angkatan Laut China juga menawarkan untuk pengangkatan kapal selam. Kapal AL China memiliki kemampuan mengangkat bangkai kapal di kedalaman seribu meter, sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari Antara Jatim.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Lima Tersangka yang Mencatut Nama Nadiem Makarin dalam Pemalsuan Surat

"Tawaran dari Angkatan Laut China juga sudah kami laporkan ke Bapak Panglima TNI dan kapal milik Angkatan Laut China juga sedang dalam perjalanan ke sini," tuturnya.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x