Tahun 2030, Idul Fitri Terjadi Dua Kali Dalam Setahun, Ini Penjelasan Ilmiahnya

- 5 Mei 2021, 13:14 WIB
Ilustrasi Idul Fitri
Ilustrasi Idul Fitri /Aini/pixabay/Gordon Johnson

KABAR BESUKI – Tahun 2030 umat muslim akan mengalami dua kali Ramadhan dan dua kali Idul Fitri. Sehingga dapat diartikan nantinya pada tahun 2030 tersebut umat Islam juga merayakan tiga kali hari raya yaitu 2 Idul Fitri dan 1 Idul Adha.

Menurut Kepala Eksekutif Grup Astronomi Dubai Hassan Ahmed Al Hariri menjelaskan dalam mengamati dua kali Ramadhan dalam satu tahun tidak boleh dianggap sebagai fenomena semata.

Ada beberapa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi yaitu karena kalender Islam yang terpaku pada tahun Bulan atau Qomariyah yakni secara konsisten bergerak sekitar 11 hari lebih pendek dari tahun Matahari (Hijriah).

Baca Juga: 7 Manfaat Menulis Tangan, Salah Satunya Meningkatkan Kreativitas dan Bisa Mengurangi Stres

Selain itu, untuk setiap tahun berlalu, dan tergantung pada penampakan hilal Bulan, Ramadhan mundur sekitar 10 atau 11 hari dari tanggal semula.

"Tahun 2030, umat Islam akan mengalami bulan Ramadhan dua kali. Pertama, tanggal 5 Januari 2030 untuk 1451 Hijriah. Kedua, tanggal 26 Desember 2030 untuk 1452 Hijriah atau satu hari setelah Hari Raya Natal," ujarnya.

Sementara itu, menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan bahwa fenomena Ramadhan dua kali dalam satu tahun masehi bukan yang pertama terjadi.

Baca Juga: Positif Covid-19, Pekerja Migran Asal Lumajang Lolos Pulang Kampung Bersama Rombongan

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menerangkan, peristiwa dua kali Ramadhan dalam satu tahun masehi pernah berlangsung saat menjelang memasuki tahun milenium.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: pmjnews.com


Tags

Terkini

x